Sabtu, 20/04/2024 07:00 WIB

Kazakhstan Bergolak, Rusia Kirim Pasukan Terjun Payung

Rusia mengirim pasukan terjun payung ke Kazakhstan pada Kamis (6/1), untuk meredakan pemberontakan disertai kekerasan yang melanda negara bekas Uni Soviet tersebut.

Aksi protes di Kazakhstan (Foto: Reuters)

Almaty, Jurnas.com - Rusia mengirim pasukan terjun payung ke Kazakhstan pada Kamis (6/1), untuk meredakan pemberontakan disertai kekerasan yang melanda negara bekas Uni Soviet tersebut.

Dikutip dari Reuters, polisi telah membunuh puluhan perusuh di kota utama Almaty. Televisi pemerintah mengatakan 13 anggota pasukan keamanan tewas, termasuk dua orang yang dipenggal kepalanya.

Kediaman presiden dan kantor walikota terbakar. Pada Kamis sore, bandara kota, yang sebelumnya direbut oleh pengunjuk rasa, berada di bawah kendali kuat personel militer. Mobil-mobil yang terbakar berserakan di jalan-jalan.

Beberapa pengangkut personel lapis baja dan sejumlah tentara telah memasuki alun-alun utama Almaty pada Kamis pagi, dan suara tembakan terdengar saat pasukan mendekati kerumunan, koresponden Reuters melaporkan dari tempat kejadian.

Internet disetop untuk sementara di seluruh negeri, dengan tingkat kekerasan sepenuhnya tidak mungkin untuk dikonfirmasi. Kerusuhan semacam ini belum pernah terjadi sebelumnya di Kazakhstan, yang diperintah dengan tegas sejak zaman Soviet oleh pemimpin Nursultan Nazarbayev, yang mengundurkan diri tiga tahun lalu.

Penerus Nazarbayev, Presiden Kassym-Jomart Tokayev, memanggil pasukan Rusia semalam sebagai bagian dari aliansi militer yang dipimpin Moskow dari negara-negara bekas Soviet. Dia menyalahkan kerusuhan pada teroris asing terlatih, yang menyita bangunan dan senjata.

"Ini adalah perusakan integritas negara dan yang paling penting ini adalah serangan terhadap warga kami yang meminta saya untuk membantu mereka segera," tegas Tokayev.

Sekretariat Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif yang dipimpin Rusia mengatakan pasukan yang dikirim termasuk unit dari Rusia, Belarus, Armenia, Tajikistan, dan Kirgistan. Tidak diungkapkan keseluruhan kekuatan.

Pasukan terjun payung Rusia sedang dipindahkan ke Kazakhstan dan "unit lanjutan dari kontingennya sudah mulai memenuhi tugas yang diberikan".

Video yang belum diverifikasi di media sosial menunjukkan pasukan berpatroli di jalan-jalan berkabut Almaty semalaman, menembakkan senjata, serta penjarahan yang meluas di kota.

KEYWORD :

Kazakhstan Gelombang Protes Aksi Kekerasan Pasukan Terjun Payung Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :