Kamis, 25/04/2024 09:24 WIB

Pembubaran KKR, NU dan Muhammadiyah Harus Jaga NKRI

NU dan Muhammadiyah sebagai Ormas Islam terbesar di Indonesia diharapkan dapat menjaga persatuan dan kesatuan antar umat beragama di Indonesia.

Anggota Komisi VIII DPR, Maman Imanulhaq

Jakarta - Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah sebagai Ormas Islam terbesar di Indonesia diharapkan dapat menjaga persatuan dan kesatuan antar umat beragama di Indonesia.

Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Maman Imanulhaq mengatakan, NU dan Muhammadiyah harus bisa mengayomi dan merangkul seluruh umat beragama demi keutuhan NKRI.

"Kelompok-kelompok moderat seperti NU dan Muhammadiyah harus mulai meningkatkan militansinya untuk menjaga Indonesia, Indonesia yang flural, Indonesia yang menjaga NKRI," kata Maman, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/12).

Hal itu menanggapi pembubaran paksa Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) umat Nasrani oleh oknum ormas keagamaan yang mengatasnamakan Pembela Ahlus Sunna (PAS), di Sabuga, Bandung.

Untuk itu, Maman sangat menyayangkan adanya pembubaran paksa kegiatan ibadah umat nasrani yang dilakukan oleh kelompok Ormas tersebut. Sebab, pembubaran paksa itu tidak dibenarkan.

"Kakukus Pancasila mengimbau kepada semua pihak untuk mentaati regulasi yang ada termasuk tentang pendirian rumah ibadah dan lain sebagainya, ada komunikasi-komunikasi yang lebih intensif dengan berbagai pihak," terangnya.

Atas dasar itu, Maman meminta agar aparat penegak hukum lebih tegas kepada kelompok-kelompok intoleran tersebut. "Kita meminta agar siapapun yang terlibat termasuk yang memberikan aksi bebas ini harus ditindak," tegas politikus PKB itu.

KEYWORD :

Larangan Ibadah Pembubaran KKR Maman Imanulhaq




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :