Jum'at, 19/04/2024 02:31 WIB

Houthi Diminta Bebaskan 2 Anggota Staf UNESCO

AS mengatakan, Houthi menahan beberapa karyawan Yaman di kompleks kedutaan AS di ibukota, Sanaa, tanpa mengungkapkan berapa banyak.

Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO, menghadiri konferensi pers tentang peluncuran laporan penting tentang kerusakan yang dilakukan oleh peradaban modern terhadap alam oleh IPBES (Platform Kebijakan Sains Antarpemerintah tentang Layanan Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem) di markas besar UNESCO di Parise, pada 6 Mei 2019. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)

JAKARTA, Jurnas.com - Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization/UNESCO) pada pernyataan bersama mendesak gerakan Houthi Yaman untuk membebaskan dua stafnya.

Pernyataan itu tidak memberikan rincian tentang kedua orang itu, tetapi seorang pejabat pemerintah Yaman mengatakan kepada Reuters bahwa mereka adalah staf Yaman yang sebelumnya bekerja untuk kedutaan Amerika Serikat (AS) di Sanaa.

"PBB belum menerima informasi tentang alasan atau dasar hukum penahanan mereka, atau status mereka saat ini," kata Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay dan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet.

Pada November, AS mengatakan, Houthi, otoritas de facto di Yaman Utara, telah menahan beberapa karyawan Yaman di kompleks kedutaan AS di ibukota, Sanaa, tanpa mengungkapkan berapa banyak.

Kedutaan telah ditutup sejak 2015 setelah Houthi menggulingkan pemerintah yang diakui secara internasional dari Sanaa pada akhir 2014. Sejak itu misi tersebut beroperasi di luar Arab Saudi.

Departemen Luar Negeri telah meminta gerakan itu untuk segera membebaskan, tanpa cedera, semua karyawan Yaman di Amerika Serikat, mengosongkan kompleks kedutaan dan mengembalikan properti yang disita.

Pejabat Houthi belum mengomentari penahanan tersebut. Ketua komite revolusioner tertinggi kelompok itu telah mengkritik Amerika Serikat karena "meninggalkan" staf lokal.

Gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran telah memerangi koalisi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi selama lebih dari enam tahun.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Houthi Yaman Amerika Serikat Staf UNESCO




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :