Rabu, 24/04/2024 13:36 WIB

Filipina Persingkat Waktu Tunggu Vaksin Booster COVID-19

Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin COVID-19 Pfizer saat pemerintah mulai memberikan suntikan booster kepada para garda depan, di National Kidney and Transplant Institute di Quezon City, Metro Manila, Filipina, 17 November 2021. (Reuters/Eloisa Lopes)

MANILA, Jurnas.com - Filipina mengurangi setengah hingga tiga bulan waktu tunggu untuk dosis vaksin booster COVID-19 dalam mengendalikan Omicron, varian COVID-19 yang telah memaksa pengetatan pembatasan secara global.

Negara Asia Tenggara itu bergabung dengan Inggris, Jerman, Korea Selatan, dan Thailand di antara daftar negara yang terus bertambah yang memangkas interval pemberian booster saat mereka mencoba mencegah lonjakan baru infeksi.

Juru bicara kepresidenan Karlo Nograles mengatakan, mulai Rabu (22/12), orang dewasa dapat menerima dosis booster setidaknya tiga bulan setelah mengambil pelengkap kedua dari vaksin dua dosis, dibandingkan enam bulan sebelumnya.

"Penerima vaksin dosis tunggal memenuhi syarat untuk mendapatkan booster setelah dua bulan," katanya pada konferensi pers reguler, dikutip dari Reuters.

Filipina hanya menemukan tiga kasus impor Omicron, yang memungkinkannya mempertahankan pembatasan yang lebih longgar, karena rata-rata infeksi harian telah turun tajam dari puncak September lebih dari 18.500.

Setiap orang di Filipina harus divaksinasi, memakai masker dan menjaga jarak fisik, kata Nograles, karena langkah-langkah ini telah membantu membatasi infeksi.

Filipina telah sepenuhnya memvaksinasi lebih dari 45 juta, atau 41 persen dari populasinya, dengan lebih dari 1 juta mengambil dosis booster, Nograles menambahkan.

Program vaksinasinya menerima dana tambahan dari Bank Dunia, dengan pinjaman baru sebesar US$300 juta, untuk membeli 27 juta dosis vaksin.

Pinjaman adalah kunci untuk membuka kembali ekonomi dengan aman dan akan membantu memerangi varian yang muncul seperti Omicron, Ndiamé Diop, direktur negara bank untuk Brunei, Malaysia, Filipina dan Thailand, mengatakan dalam sebuah pernyataan. (Reuters)

KEYWORD :

Varian Omicron Filipina Vaksin Booster COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :