Kamis, 25/04/2024 03:01 WIB

Elektabilitas Ganjar Meroket di Survei, PDIP Tunggu Keputusan Megawati

Menurutnya, hasil survei terkait perhitungan elektabilitas merupakan hak suatu instansi atau individu, termasuk metodologi, teknik pengambilan sampel, dan random pada survei.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (foto: Humas Perpusnas)

Jakarta, Jurnas.com - Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kerap masuk dalam urutan dua besar dengan elektabilitas tertinggi calon presiden (capres) di berbagai survei.

Menanggapi hal itu, Wasekjen PDIP, Utut Adianto menegaskan, pihaknya masih berpatokan pada perintah Megawati Soekarnoputri.

"Kita sudah tegak lurus saja, Ibu Ketua Umum mengeluarkan surat 11 Agustus 2021 untuk tidak berkomentar soal ini," ujar Utut Adianto di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/12).

"Kami sebagai kader diperintah seperti itu, ya kita jalankan," sambungnya.

Soal hasil survei yang mencatat elektabilitas sosok Ganjar Pranowo, Utut tak terlalu persoalkan.

Menurutnya, hasil survei terkait perhitungan elektabilitas merupakan hak suatu instansi atau individu, termasuk metodologi, teknik pengambilan sampel, dan random pada survei.

"Belum, belum, kalau survei kan hak orang, metodologinya, teknik ngambil sampelnya, random-nya dari mana," terang Utut.

Dia menegaskan kader akan mendukung siapa pun sosok yang akan dipilih Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati menjadi capres yang diusung partai.

"Ini yang mau disampein kalau nanti Ibu (Ketum) menunjuk A kita akan all out A, Ibu menunjuk B, akan all out," kata dia.

Empat lembaga survei sebelumnya merilis hasil survei elektabilitas sejumlah kandidat calon presiden 2024.

Lembaga survei tersebut, yaitu Survey & Polling Indonesia (SPIN), Poligov Strategic Consulting, Populis Center, dan Charta Politika Indonesia.

Berdasarkan hasil survei keempat lembaga tersebut, posisi Ganjar Pranowo sengit dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

KEYWORD :

Warta DPR PDIP Ganjar Pranowo Survei elektabilitas capres Utut Adianto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :