Selasa, 16/04/2024 12:35 WIB

Perubahan Menstruasi Disebut Tak Ada Hubungannya dengan Vaksin COVID-19

Studi Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI) yang dirilis pada Selasa mengatakan, hampir 6.000 wanita berusia antara 18 dan 30 tahun tentang siklus menstruasi dan pola pendarahan mereka sebelum dan sesudah vaksinasi.

Jarum suntik yang mengandung vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 terlihat di pusat vaksinasi Impfzentrum Basel Stadt di Pusat Kongres di arena pameran Messe Basel, saat penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) berlanjut, di Basel, Swiss, 18 Maret 2021 REUTERS/Arnd Wiegmann

Uni Eropa, Jurnas.com - Regulator obat Uni Eropa (UE) mengatakan pada Selasa belum menetapkan hubungan antara perubahan siklus menstruasi dan vaksin COVID-19, setelah sebuah penelitian di Norwegia menunjukkan beberapa wanita mengalami menstruasi yang lebih berat setelah diinokulasi.

Studi Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI) yang dirilis pada Selasa mengatakan, hampir 6.000 wanita berusia antara 18 dan 30 tahun tentang siklus menstruasi dan pola pendarahan mereka sebelum dan sesudah vaksinasi.

Artikel belum ditinjau oleh rekan sejawat.

Hasil awal menunjukkan bahwa 7,6 persen melaporkan periode yang lebih berat sebelum vaksinasi pertama, meningkat menjadi 13,6 persen setelahnya; dan 8,2 persen sebelum vaksin kedua, yang naik menjadi 15,3 persen setelah suntikan kedua.

"Studi lebih lanjut akan diperlukan di mana kami mengukur kadar hormon dan lain-lain untuk sepenuhnya menentukan itu," kata kepala farmakovigilans di European Medicines Agency (EMA), Georgy Genov pada media briefing, dikutip dari Reuters, Rabu (22/12).

Dia mengatakan penting untuk dicatat bahwa setiap gangguan menstruasi yang terlihat dalam penelitian yang muncul bersifat sementara.

Institut Norwegia mengatakan wanita muda yang mengalami perdarahan menstruasi berat dan terus-menerus setelah menerima vaksin COVID-19 mungkin perlu menunda mendapatkan suntikan lain sampai penyebabnya diselidiki dan gejalanya telah berhenti.

Mereka juga harus berkonsultasi dengan dokter mereka untuk menyingkirkan penyakit lain yang mungkin memerlukan pengobatan.

Dengan perubahan menstruasi sementara dalam siklus teratur, dosis vaksin berikutnya dapat diberikan sesuai rencana.

Namun, kata FHI, perubahan adalah efek samping sementara bagi sebagian besar dan seharusnya tidak mencegah perempuan untuk disuntik.

"Vaksinasi memberikan perlindungan kepada individu terhadap perjalanan COVID-19 yang parah, serta berkontribusi pada pengurangan penularan di masyarakat," katanya.

Genov dari EMA mengatakan badan tersebut tidak memiliki data yang menunjukkan bahwa vaksin apa pun, termasuk suntikan COVID-19, memengaruhi kesuburan orang.

KEYWORD :

Vaksinasi COVID-19 Uni Eropa Menstruasi Wanita




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :