Sabtu, 20/04/2024 22:48 WIB

Pemerintah Optimalkan Penggunaan Pedulilindungi selama Nataru

Pemerintah akan mengoptimalkan penggunaan aplikasi Pedulilindungi, selama liburan Natal dan Tahun Baru Baru (Nataru), guna mengawasi pergerakan masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyampaikan keynote speech pada acara Forum Nasional Stunting 2021, Selasa 14 Desember 2021

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah akan mengoptimalkan penggunaan aplikasi Pedulilindungi, selama liburan Natal dan Tahun Baru Baru (Nataru), guna mengawasi pergerakan masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Kebudayaan Manusia (PMK) Muhadjir Effendi, dalam konferensi pers usai Rapat Koordinasi pada Selasa (21/12) pagi.

"Penggunaan aplikasi Pedulilindungi akan ditingkatkan, dan dapat menjadi dasar untuk memberikan sanksi bagi pihak-pihak yang seharusnya menggunakan aplikasi ini dengan tertib, tetapi belum melaksanakannya dengan disiplin," kata Muhadjir kepada awak media.

Selain itu, lanjut Muhadjir, pemerintah telah memiliki sejumlah strategi untuk mencegah penularan Covid-19, terutama varian Omicron, selama liburan Nataru. Di antaranya, pihaknya akan menerbitkan regulasi guna mengatisipasi periode pra dan pasca Nataru.

"Contohnya akan dikeluarkan surat edaran Mendagri untuk penerapan dan penegakan Pedulilindungi," ujar Muhadjir.

Operasi Lilin juga akan digelar mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, ditambah kegiatan praoperasi dan pascaoperasi pada tujuh hari sebelum dan setelah Nataru, oleh aparat Polri dan TNI.

"(Juga) akan dilaksanakan penebalan petugas untuk mengantisipasi dampak pergerakan masyarakat di semua area. Mulai dari mall, restoran, jalan termasuk jalan tol, dan tempat-tempat kunjungan wisata," sebut dia.

"Kemudian kementerian dan lembaga terkait akan mempercepat proses pemeriksaan dan mengurangi waktu tunggu hasil PCR di pintu-pintu masuk. Sehingga tidak terjadi penumpukan pelaku perjalanan luar negeri atau PPLN di pintu-pintu masuk, baik darat, laut, maupun udara," sambung Muhadjir.

KEYWORD :

Libur Nataru Natal dan Tahun Baru Muhadjir Effendi Menko PMK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :