Kamis, 25/04/2024 22:46 WIB

Kemdikbudristek Salurkan Donasi Alkes ke Tiga Provinsi

Jumeri menambahkan, distribusi bantuan alat kesehatan yang diberikan Perstibi tersebut akan diberikan kepada Provinsi Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Masker (Foto: Unsplash)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menerima donasi bantuan alat kesehatan (alkes) penanganan Covid-19 dari Persatuan Perkumpulan Sekolah Nasional Tiga Bahasa Se-Indonesia (Perstibi).

Alkes yang diterima berupa 1.600 alat pengukur suhu, 22.000 masker, dan 240 APD (alat pelindung diri), untuk dimanfaatkan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di satuan pendidikan.

"Kebutuhan akan thermogun, masker, dan APD di satuan pendidikan sangat penting. Walaupun anggaran dana BOS bisa dialokasikan untuk kebutuhan alat kesehatan di satuan pendidikan, dari survei yang kami lakukan ternyata masih banyak satuan pendidikan yang mengalami kesulitan dalam menyediakan thermogun. Bantuan ini sangat bermanfaat," kata Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Jumeri dalam keterangannya pada Jumat (17/12).

Jumeri menambahkan, distribusi bantuan alat kesehatan yang diberikan Perstibi tersebut akan diberikan kepada Provinsi Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Provinsi Banten akan menerima 240 thermogun, 3.300 masker, dan 30 APD. Provinsi Jawa Tengah akan menerima 320 thermogun, 4.400 masker, dan 40 APD. Kemudian Provinsi Jawa Barat akan menerima 475 thermogun, 6.600 masker, dan 60 APD. Secara total ada 1.035 thermogun, 14.300 masker, dan 130 APD.

"Kenapa Jawa Barat lebih banyak? Karena Jawa Barat adalah wilayah dengan sekolah yang paling banyak di Indonesia," terang Jumeri.

Jumeri menyebut pemberian bantuan alat kesehatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan. Jumeri berharap kepedulian yang dilakukan Perstibi menjadi inspirasi bagi lembaga-lembaga lainnya untuk bisa berperan dalam kemajuan pendidikan di Indonesia.

"Kami juga berharap semoga mudah-mudahan semakin banyak kolaborasi antara lembaga sosial atau lembaga kemasyarakatan baik swasta maupun pemerintah untuk bisa membantu dalam pelayanan pendidikan di Indonesia. Mudah-mudahan ke depan menjadikan kita semakin baik, tidak hanya di sisi bantuan saja tapi juga di sektor-sektor lain kita bisa bekerja sama untuk memajukan pendidikan di Indonesia," katanya.

KEYWORD :

Kemdikbudristek Alat Kesehatan Donasi Alkes PTM Terbatas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :