Rabu, 24/04/2024 22:07 WIB

Kementan Dorong Penggunaan Pupuk Hayati

Pupuk hayati merupakan pupuk yang memanfaatkan mikroba/bio fertilizer untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Pupuk subsidi (Foto: CNBC)

JAKARTA, Jurnas.com - Kebijakan pemberian subsidi pupuk bertujuan untuk memenuhi kebutuhan petani sesuai dengan rekomendasi Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) 47/2018 tentang Alokasi dan HET Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian.

Namun, pemerintah melalui Kementerian Pertanian terus mendorong agar petani tidak terlalu bergantung pada pupuk subsidi. Kementan mengarahkan petani untuk menggunakan pupuk hayati atau pupuk organik.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, menginginkan para petani bisa menghasilkan pupuk organik secara mandiri yang kualitasnya bisa lebih baik dari pupuk anorganik saat ini.

"Hasil pertanian non pestisida itu kualitasnya lebih bagus dan pasarnya bisa lebih besar. Pupuk organik itu makin menguntungkan ke depan. Seharusnya petani memang bisa memproduksi sendiri," kata dia.

Para petani, lanjut dia, hanya perlu diberi pelatihan oleh para penyuluh pertanian untuk memproduksi pupuk secara baik. "Tinggal diajarkan bagaimana mengumpul kompos. Itu memang butuh keahlian dan itu peran penyuluh untuk mengajarkan," ujarnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan, pupuk hayati merupakan pupuk yang memanfaatkan mikroba/bio fertilizer untuk meningkatkan kesuburan tanah.

"Mikroba ibarat koki handal yang dapat membuat masakan menjadi lezat. Mikroba dapat mengubah unsur hara yang terikat atau tidak bisa digunakan tanaman menjadi bisa langsung dimanfaatkan oleh tanaman," kata dia pada acara Ngobrol Asik (Ngobras) Volume 34, Selasa kemarin.

Menurut dia, penyuluh harus mampu mendongkrak produktivitas karena itu adalah tugas penyuluh. "Jika penyuluh bisa meningkatkan produktivitas berarti penyuluh tersebut merupakan penyuluh yang sukses dan luar biasa, salah satu faktor yang dapat meningkatkan produktivitas yaitu dengan menggunakan pupuk hayati," ujar Dedi.

Sementara Narasumber Ngobras, Duta Petani Milenial dan Formulator Bio Az-war Technology, Muhammad Azwar Fuadi mengungkapkan bahwa bahan organik tanah memiliki kemampuan mengikat air.

Dia mengatakan, jika kadar bahan organik tanah rendah, maka air yang tersimpan menjadi sedikit dan tanah akan cepat kering. Jika tanah memiliki bahan organik yang tinggi, maka kemampuan tanah menyimpan air akan lebih lama.

"Pemulihan kesuburan lahan dapat dilakukan dengan meningkatkan volume bahan organik, menggunakan pupuk berimbang dan aplikasi pupuk hayati (bio az-war technology). Bio az-war technology mengandung penambat N2, pelarut P, pemacu tumbuh (fitohormon), perombak bahan organic dan pengendali cekaman biotik dan abiotik," ujarnya.

Muhammad Azwar juga menjelaskan bahwa peranan pupuk hayati bio az-war technology yaitu menyediakan atau memfasilitasi penyerapan unsur hara, memacu pertumbuhan tanaman dan mengurangi cekaman biotik dan abiotik, meningkatkan kualitas dan kesehatan tanah, bioaktivator perombak bahan organik, mengurangi kebutuhan pupuk kimia 30-50 persen.

"Saat ini telah dibuat demplot sebagai percontohan bagi petani bahwa menggunakan bio az-war technology dengan 50 persen saja pupuk kimia dari rekomendasi, dapat meningkatkan produktivitas dengan memperbanyak anakan produktif dan memaksimalkan pengisian padi," kata dia.

Sebagai informasi, Ngobrol Asik yang bertemakan Bio Az-War Technology dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom. Sebanyak 198 participant, live streaming dan kanal YouTube.

KEYWORD :

Pupuk Hayati BPPSDMP Dedi Nursyamsi Bio az-war Technology




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :