Kamis, 25/04/2024 02:27 WIB

Sebelum Parah, Kenali Tanda Awal Kelelahan Bekerja

Efek dari kelelahan dapat berakibat buruk dan memperparah karir Anda

Ilustrasi pria stres.(Foto : Boldsky.com)

Jakarta, Jurnas.com – Wajar saja bila mengalami kelelahan dengan segala hiruk pikuk aktifitas yang Anda jalani setiap hari. Walaupun Anda menyenangi profesi saat ini, namun fisik juga memiliki keterbatasan. Apalagi bila beban kerja yang Anda tanggung dalam waktu yang lama.

Efek dari kelelahan dapat berakibat buruk karena dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah frustasi, antisosial dan konfrontatif. Bila dibiarkan maka dapat merusak hubungan dengan orang terdekat, seperti keluarga, sahabat dan kolega di kantor.

Karena itu, sebelum kekelahan tersebut memperparah keadaan Anda, sebaiknya kenali tanda-tanda awal kelelahan sebagai berikut :

Sering merasa pesimis

Sering dihinggapi rasa frustasi dan tanpa harapan. Seolah-olah apapun yang dilakukan tidak ada artinya. Perasaan ini membuat rasa kecewa pada diri sendiri yang juga diikuti sinisme. Hal wajar bila alami hari yang buruk dan merasa lelah menghadapinya, namun bila terlalu lama dan menganggap selalu negatif akan memperburuk keadaan.

Mudah tersinggung

Hari yang terasa panjang serta banyaknya kegiatan, tanpa disadari akan memicu Anda alami stres. Beban sekecil apapun akan terasa berat. Bila dibiarkan berlarut-larut, bisa membuat Anda mudah tersinggung dengan sekitar karena tidak sesuai dengan yang  diinginkan.

Alami sulit tidur

Stres yang menyerang Anda membuat lebih rentan terhadap penyakit seperti gangguan tidur. Pikiran yang tidak tenang atau stres akan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Selain insomnia, Anda akan mudah terserang rasa sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan.

Lelah yang terus menerus

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu dari saat bangun sampai kembali tidur, artinya ada sesuatu yang tidak beres. Mungkin saja Anda tidur 8 jam, namun pikiran Anda menolak beristirahat sehingga saat terbangun dengan perasaan seperti belum tidur yang cukup. Kelelahan bukan hanya disebabkan fisik saja, mental atau emosional juga dapat sebagai pemicunya dan sama buruknya dengan kelelahan fisik.

Sering menunda-nunda pekerjaan

Pekerjaaan yang sederhana dan mudah sering Anda abaikan. Padahal Anda memiliki kebiasaan  tidak suka menunda suatu pekerjaan. Semua orang memang memiliki potensi untuk menunda satu atau dua pekerjaan dalam satu waktu, namun jika terus menerus akan memperburuk karir yang Anda bangun selama ini

Tidak peduli terhadap pekerjaan

Biasanya di pagi hari Anda bersemangat dan memiliki ide-ide cemerlang menuju kantor. Namun sekarang Anda terbangun dengan perasaan malas, bosan bahkan takut untuk masuk kerja. Bukan itu saja, Anda mulai memikirkan untuk meninggalkan kewajiban kantor yang harus diselesaikan.

Stagnasi

Anda merasa apa pun yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Saat bekerja, Anda terasa terjebak pada rutinitas. Parahnya, Anda mulai berpikir kalau karir seolah-olah berhenti  dan tidak memiliki masa depan.

Apakah Anda mengalami tanda-tanda seperti diatas?  Jika jawabannya ‘ya’, artinya Anda butuh istirahat. Upayakan waktu untuk cuti dan mengambil liburan. Pekerjaan itu penting, tapi tidak lebih penting dari kesehatan Anda. Segera singkirkan pikiran negatif tersebut dan sambut masa depan dengan karir yang cemerlang.

KEYWORD :

Tanda Kelelahan Bekerja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :