Jum'at, 19/04/2024 10:00 WIB

China Beri Persetujuan Darurat Perawatan Antibodi Monoklonal

Langkah ini dilakukan ketika regulator di seluruh dunia memberikan lampu hijau untuk perawatan, terutama untuk kelompok berisiko tinggi di tengah kekhawatiran atas varian Omicron baru.

Pengobatan paling efektif untuk Covid saat ini melibatkan antibodi monoklonal, yang diberikan melalui infus (Foto: GETTY IMAGES AMERICA UTARA/AFP/File/Go Nakamura)

BEIJING, Jurnas.com -  Otoritas obat China memberikan persetujuan darurat untuk perawatan khusus pertama negara itu terhadap COVID-19, yang ditemukan dalam uji klinis untuk secara signifikan mengurangi rawat inap dan kematian di antara pasien berisiko tinggi.

Langkah ini dilakukan ketika regulator di seluruh dunia memberikan lampu hijau untuk perawatan, terutama untuk kelompok berisiko tinggi di tengah kekhawatiran atas varian Omicron baru.

China juga bergulat dengan semakin banyak penelitian yang menunjukkan vaksinnya memiliki tingkat kemanjuran yang lebih rendah daripada banyak vaksin yang dibuat di luar negeri.

Dalam pemberitahuan resmi yang diterbitkan Rabu (8/12), Administrasi Produk Medis Nasional China mengatakan telah memberikan persetujuan darurat untuk perawatan antibodi monoklonal.

Antibodi monoklonal adalah sejenis protein yang menempel pada protein lonjakan virus corona, sehingga mengurangi kemampuannya untuk memasuki sel-sel tubuh.

Perawatan tersebut melibatkan kombinasi dua obat, diberikan melalui suntikan, dan dapat digunakan untuk mengobati kasus-kasus tertentu yang berisiko berkembang menjadi lebih parah, kata otoritas obat.

Ini dikembangkan bersama oleh Universitas Tsinghua, Rumah Sakit Rakyat Ketiga Shenzhen dan Brii Biosciences.

Data percobaan menunjukkan bahwa terapi kombinasi dapat mengurangi risiko rawat inap dan kematian pada pasien berisiko tinggi sekitar 80 persen, Universitas Tsinghua mengatakan dalam sebuah pernyataan di media sosial Rabu malam.

Sebuah laporan media pemerintah bulan lalu menambahkan bahwa pengobatan tersebut juga telah digunakan pada pasien yang terinfeksi wabah lokal.

China adalah yang terbaru untuk menyetujui perawatan COVID-19 serupa, dengan regulator Inggris minggu lalu juga mengizinkan perawatan antibodi.

Otoritas kesehatan Uni Eropa juga telah menyetujui pil untuk penggunaan darurat - yang melibatkan obat antivirus yang memperlambat penyakit dengan mengurangi kapasitas virus untuk bereproduksi di dalam tubuh.

Meski pil lebih mudah digunakan, pengobatan paling efektif untuk COVID-19 saat ini melibatkan antibodi monoklonal, yang diberikan melalui infus.

China juga memiliki beberapa vaksin yang disetujui secara kondisional, tetapi tingkat kemanjuran yang dipublikasikan tertinggal di belakang jab saingan yang dikembangkan di negara lain.

Sebuah studi oleh Universitas China Hong Kong yang diterbitkan bulan lalu menemukan orang yang diinokulasi dengan vaksin BioNTech memiliki tingkat antibodi yang jauh lebih tinggi daripada Sinovac China, menambah dua penelitian lain di Hong Kong dan daratan yang menghasilkan data serupa.

Studi tersebut menemukan respon sel T – sel darah putih yang mengingat bagaimana melawan penyakit tetap kuat pada pasien Sinovac.

Hong Kong telah mulai menyerukan penduduk yang divaksinasi dengan Sinovac untuk mengambil booster ketiga untuk meningkatkan tingkat perlindungan mereka.

KEYWORD :

China Pandemi COVID-19 Varian Omicron Perawatan Antibodi monoklonal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :