Jum'at, 26/04/2024 02:18 WIB

Ilmuwan AS: Varian Omicron Hampir Pasti Tidak Lebih Parah dari Delta

Virus yang lebih menular yang tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah dan tidak menyebabkan lonjakan rawat inap dan kematian adalah skenario kasus terbaik.

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Anthony Fauci berbicara selama dengar pendapat Komite Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Kerja dan Pensiun Senat di Washington, DC, pada 30 Juni 2020. (Foto: Al Drago / Pool via REUTERS)

WASHINGTON, Jurnas.com - Pakar penyakit menular Amerika Serikat (AS), Anthony Fauci mengatakan, perlu waktu berminggu-minggu untuk menilai tingkat keparahan COVID-19 varian Omicron.

Namun, dia mengatakan, indikasi awal menunjukkan varian Omicron, yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan itu tidak lebih buruk daripada jenis sebelumnya, dan mungkin lebih ringan.

Kepada AFP, kepala penasihat medis Presiden Joe Biden membagi yang diketahui dan tidak diketahui tentang Omicron menjadi tiga bidang utama: penularan, seberapa baik ia menghindari kekebalan dari infeksi dan vaksin sebelumnya, dan tingkat keparahan penyakit.

"Varian baru jelas sangat menular, sangat mungkin lebih dari Delta, strain global yang dominan saat ini," kata Fauci.

Mengumpulkan data epidemiologi dari seluruh dunia juga menunjukkan infeksi ulang lebih tinggi dengan Omicron.

Fauci mengatakan, hasil dari percobaan laboratorium yang menguji potensi antibodi dari vaksin saat ini terhadap Omicron akan datang dalam beberapa hari ke depan hingga seminggu.

Soal tingkat keparahan, "hampir pasti tidak lebih parah dari Delta," kata direktur lama Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) itu.

"Ada beberapa saran bahwa itu bahkan mungkin kurang parah, karena ketika Anda melihat beberapa kelompok yang diikuti di Afrika Selatan, rasio antara jumlah infeksi dan jumlah rawat inap tampaknya lebih sedikit dibandingkan dengan Delta. "

Tetapi dia mencatat, penting untuk tidak menginterpretasikan data ini secara berlebihan karena populasi yang diikuti cenderung muda dan kecil kemungkinannya untuk dirawat di rumah sakit. Penyakit parah juga bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk berkembang.

"Saya pikir itu akan memakan waktu setidaknya beberapa minggu lagi" untuk mengkonfirmasi di Afrika Selatan, di mana varian itu pertama kali dilaporkan pada bulan November," katanya.

"Kemudian saat kita mendapatkan lebih banyak infeksi di seluruh dunia, mungkin perlu waktu lebih lama untuk melihat tingkat keparahannya," sambungnya.

Fauci mengatakan, virus yang lebih menular yang tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah dan tidak menyebabkan lonjakan rawat inap dan kematian adalah skenario kasus terbaik.

"Skenario terburuknya adalah tidak hanya sangat menular, tetapi juga menyebabkan penyakit parah dan kemudian Anda memiliki gelombang infeksi lain yang belum tentu tumpul oleh vaksin atau oleh infeksi sebelumnya dari orang-orang," ujarnya.

"Saya tidak berpikir bahwa skenario terburuk akan terjadi, tetapi Anda tidak pernah tahu," sambung dia.

KEYWORD :

Afrika Selatan Amerika Serikat Anthony Fauci Varian Omicron




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :