Jum'at, 26/04/2024 05:11 WIB

Satpol PP dan Satlinmas Kunci Utama Komunikasi Masyarakat Lawan Covid-19

Pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai perubahan, dan salah satu aspek yang mengalami penyesuaian adalah bidang sosial.

Pelatihan dan Penguatan Satpol PP dan Satlinmas dalam menghadapi Natal 2021 dan Tahun Baru 2024. Foto: tangkapan layar/jurnas.com

JAKARTA, Jurnas.com - Kualitas komunikasi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi salah satu kunci utama agar dapat menyampaikan informasi penanganan Covid-19 terkini kepada masyarakat. Apalagi memasuki Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) yang berpotensi menimbulkan gelombang ketiga pandemi di Indonesia.

Demikian sambutan Dirjen Informasi dan Komunikasi (Dirjen IKP) Kemkominfo Usman Kansong yang dibacakan Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemkominfo Hasyim Gautama dalam pembukaan pelatihan dan penguatan komunikasi kesiapsiagaan menghadapi Nataru Satpol PP dan Satlinmas, Jumat (3/12/2021).

“Komunikasi menjadi salah satu unsur penting untuk dilakukan guna mencegah gelombang ketiga Covid-19 terjadi, dan perlu disampaikan hingga ke unit mikro,” kata Usman Kasong melalui keterangan tertulis yang diterima jurnas.com di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Pelatihan tersebut hasil kerja bersama Direktorat Pol PP dan Linmas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Menurut Usman Kasong, pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai perubahan, dan salah satu aspek yang mengalami penyesuaian adalah bidang sosial.

“Masih banyak informasi mengenai update kebijakan yang belum tersampaikan kepada masyarakat. Ini menjadi tantangan bersama yang perlu kita sikapi dan upayakan bersama agar pesan-pesan kunci dapat sampai kepada masyarakat,” ungkapnya.

Usman Kasong mengatakan Kemkominfo memiliki komitmen untuk mendukung setiap aktivitas komunikasi dan penyebaran informasi yang berdampak positif kepada masyarakat. Salah satunya adalah penguatan kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2021.

Menurutnya, tingkat kedisiplinan masyarakat mematuhi protokol kesehatan berkorelasi dengan jumlah kasus Covid-19 yang terjadi.

“Untuk mengatasi hal tersebut, tentu dibutuhkan kerjasama teknis dan kerjasama komunikasi dari berbagai unsur. Satpol PP dan Satlinmas merupakan unsur yang dekat dengan masyarakat, dan sangat paham dengan dinamika yang terjadi di lapangan,” katanya.

Direktur Jenderal Bina Administrasi dan Kewilayahan Kemendagri Safrizal menyampaikan bahwa saat ini sedang dalam posisi yang krusial dalam penanganan Covid-19. “Kita berada pada kondisi seolah-olah kita menang. Ini hanya kamuflase,” katanya.

Libur Nataru merupakan ujian penting agar tidak terulang seperti pada periode lalu. “Kita harus memperkuat komitmen, menyatukan langkah, perbuatan, dan melakukan sesuatu agar kondisi ini dapat bertahan selama mungkin, dan sebaik mungkin di tengah munculnya berbagai macam varian termasuk varian Omicronkata Safrizal.

Safrizal berharap, para anggota Satpol PP dan Satlinmas dapat mempelajari dan memahami berbagai kebijakan Menteri Dalam Negeri yang tertuang dalam berbagai instruksi dan surat edaran yang telah dikeluarkan sebagai pedoman di lapangan.

“Lakukan operasi yustisi sesuai dengan dasar hukum yang berlaku, dan operasi non yustisi dengan pedoman yang telah diterbitkan,” ujar Safrizal.

Selain agenda pelatihan, acara itu juga diisi sosialisasi Kompetisi Facebook Video Satpol PPSatlinmas Lawan Cocid-19 dengan tema “Tetap Jaga Diri, Tahan Diri, Masih Ada Covid”.

Melalui kompetisi ini, anggota Satpol PP dan Satlinmas diajak untuk membuat konten edukatif berupa ajakan untuk menjaga diri dan menahan diri menuju Nataru serta menumbuhkan kesadaran pada masyarakat bahwa Covid-19 masih ada.

Peserta wajib mengunggah video kreasinya pada akun Facebook pribadi masing-masing anggota mulai tanggal 3-15 Desember 2021 dengan mencantumkan pada caption tagar: #SatpolPPdanSatlinmasLawanCOVID19 #MulaiDariKamu #masihadacovid, serta menandai dan mengikuti akun Facebook Satpol PP, Lawan Covid19 ID, Kemendagri RI, Kemenkominfo RI, Dir PolPP, dan Satlinmas.

KEYWORD :

Satpol PP Satlinmas Covid-19 Kemenkominfo Kemendagri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :