Sabtu, 20/04/2024 03:02 WIB

Vaksin COVID-19 Pfizer Sudah Boleh Digunakan Anak 5-11 Tahun di Australia

Peluncuran vaksinasi untuk anak-anak dengan usia tersebut dapat dimulai pada 10 Januari 2022.

Pfizer Inc (Foto: Reuters)

MELBOURNE, Jurnas.com - Regulator kedokteran Australia untuk sementara menyetujui vaksin COVID-19 Pfizer untuk anak-anak antara usia 5 dan 11 pada Minggu (5/12).

Menteri kesehatan (Kemenkes) Australia, Greg Hunt mengatakan peluncuran vaksinasi untuk anak-anak dengan usia tersebut dapat dimulai pada 10 Januari 2022.

"Mereka (Administrasi Barang Terapi) telah membuat penilaian yang cermat dan menyeluruh, menentukan bahwa itu aman dan efektif dan bahwa adalah kepentingan anak-anak dan warga Australia untuk divaksinasi oleh anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun," kata Hunt.

Setelah penundaan awal dengan program inokulasi COVID-19 secara umum, Australia dengan cepat menjadi salah satu negara yang paling banyak divaksinasi di dunia. Data kesehatan menunjukkan, hampir 88 persen warga Australia yang berusia di atas 16 tahun kini telah menerima dua dosis.

Sementara vaksinasi nasional bersifat sukarela, negara bagian dan teritori telah mengamanatkan suntikan untuk banyak pekerjaan, dan beberapa memerlukan vaksinasi penuh untuk mengakses sebagian besar layanan perhotelan dan ritel non-esensial.

Pendukung anti-vaksinasi berjumlah satu digit di Australia, menurut jajak pendapat, meskipun mereka telah mengadakan demonstrasi mingguan yang konsisten menentang tindakan perawatan kesehatan di Melbourne dan kota-kota lain.

Cakupan imunisasi anak Australia secara keseluruhan juga merupakan salah satu yang tertinggi di dunia, dengan 95 persen anak berusia 5 tahun diinokulasi dengan vaksin yang direkomendasikan untuk usia mereka, data kesehatan menunjukkan.

Vaksin Pfizer untuk anak-anak tersebut masih memerlukan persetujuan dari Australian Technical Advisory Group on Immunisation. Setelah disetujui, itu akan tersedia untuk sekitar 2,3 juta anak dalam kelompok usia 5 hingga 11 tahun.

Meskipun berjuang melawan banyak wabah tahun ini, yang mengarah ke penguncian berbulan-bulan di Sydney dan Melbourne - kota terbesar di Australia - negara itu hanya memiliki sekitar 834 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dan 7,9 kematian per 100.000 orang, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sebagian kecil dari korban di banyak negara maju lainnya.

Australia memiliki total kurang dari 215.000 kasus dan 2.042 kematian. (Reuters)

KEYWORD :

Vaksin COVID-19 Pfizer Greg Hunt




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :