Rabu, 24/04/2024 17:58 WIB

Varian Omicron Ditemukan di Tiga Negara Bagian AS

Pasien Minnesota adalah kasus penularan komunitas varian Omicron pertama yang diketahui di AS, ditemukan pada seorang pria yang divaksinasi lengkap yang baru-baru ini bepergian ke New York City dan menghadiri sebuah konferensi.

Gambar mikroskop elektron transmisi SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19. (File foto: AFP/Lembaga Nasional Alergi dan Penyakit Menular handout)

WASHINGTON, Jurnas.com - Tiga negara bagian AS telah menemukan kasus varian Omicron di California, Colorado dan Minnesota. Mereka di antara adalah pasien yang divaksinasi penuh dan mengalami gejala ringan.

Pasien Minnesota adalah kasus penularan komunitas varian Omicron pertama yang diketahui di AS, ditemukan pada seorang pria yang divaksinasi lengkap yang baru-baru ini bepergian ke New York City dan menghadiri sebuah konferensi.

Untuk memerangi penyebaran Omicron, Presiden Joe Biden pada Kamis mengumumkan persyaratan pengujian baru untuk pelancong internasional dan berjanji dalam beberapa minggu mendatang, warga Amerika akan memiliki akses ke pengujian COVID-19 di rumah secara gratis dan cepat.

Pejabat kesehatan Colorado pada Kamis mengatakan seorang wanita dengan varian Omicron baru saja kembali dari perjalanan ke Afrika selatan.

California pada Rabu melaporkan kasus varian AS pertama pada seorang pelancong yang divaksinasi lengkap yang telah berada di Afrika Selatan. Varian baru pertama kali terdeteksi di Afrika selatan bulan lalu.

Setelah menentukan bahwa kasus Minnesota memiliki hubungan dengan New York - pria itu menghadiri konvensi anime di Javits Center New York City dari 19-21 November - pejabat kesehatan segera mengaktifkan "Korps Uji dan Jejak" untuk menghubungi peserta konferensi dalam upaya untuk menahan kasus tersebut. menyebar, kata Walikota New York City Bill de Blasio.

"Kami mengetahui kasus varian Omicron yang diidentifikasi di Minnesota yang terkait dengan perjalanan ke sebuah konferensi di New York City, dan kami harus berasumsi ada penyebaran komunitas dari varian di kota kami," kata walikota dalam sebuah pernyataan.

Dr Leana Wen, seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas George Washington dan mantan komisaris kesehatan Baltimore, mengatakan hanya masalah waktu sebelum lebih banyak kasus Omicron terdeteksi di Amerika Serikat.

"Kasus Minnesota berarti ada penyebaran di AS. Akan ada lebih banyak kasus yang akan datang", kata Wen di Twitter.

Para ilmuwan sedang menyelidiki Omicron, yang telah diberi label sebagai varian perhatian oleh Organisasi Kesehatan Dunia, untuk melihat apakah itu lebih menular daripada varian Delta yang sekarang lazim dan apakah itu menyebabkan penyakit yang lebih parah. Mereka juga mempelajari seberapa baik vaksin saat ini bekerja melawannya.

Gubernur Minnesota Tim Walz mengatakan berita tentang kasus di negara bagian itu mengkhawatirkan, tetapi itu tidak mengejutkan. "Kami tahu bahwa virus ini sangat menular dan menyebar dengan cepat ke seluruh dunia," ujarnya.

Walz mengimbau warga untuk mendapatkan vaksinasi dan memakai masker di dalam ruangan. Respons terbaik untuk varian baru ini sama seperti selama pandemi: dapatkan suntikan COVID-19, katanya.

Sekitar 60 persen dari total populasi AS, atau 196 juta orang, telah divaksinasi lengkap, salah satu tingkat terendah di antara negara-negara kaya. Lebih dari 786.000 orang telah meninggal karena COVID-19 di AS, termasuk 37.000 pada bulan November saja.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Afrika Selatan Varian B11529 Omicron WHO Negara Bagaian Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :