Sabtu, 20/04/2024 19:35 WIB

Melalui BLK, Kemnaker Tingkatkan Kualitas SDM di Papua dan Papua Barat

Berdasarkan permasalahan tersebut Presiden Joko Widodo menjadikan Papua dan Papua Barat sebagai salah satu fokus utama dalam pembangunan infrastruktur maupun pembangunan SDM.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menjadi pembicara pada acara Light For Papua, di Jakarta, Rabu (1/12/2021). (Foto: Biro Humas Kemnaker)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah terus berusaha mengatasi permasalahan kemiskinan di Provinsi Papua dan Papua Barat melalui program-program untuk meningkatkan produktivitas serta mengurangi beban pengeluaran mulai dari bantuan pangan, akses kesehatan, pendidikan, pekerjaan, jaminan sosial, hingga pemberdayaan UMKM.

"Berdasarkan permasalahan tersebut Presiden Joko Widodo menjadikan Papua dan Papua Barat sebagai salah satu fokus utama dalam pembangunan infrastruktur maupun pembangunan SDM," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menjadi pembicara pada acara Light For Papua, di Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Menaker Ida mengatakan, pihaknya memiliki tugas dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan penciptaan lapangan kerja yang memprioritaskan orang asli Papua. Hal ini dilakukan melalui pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK), peningkatan kerjasama pendidikan dan pelatihan vokasi dengan dunia usaha, sertifikasi kompetensi, serta  tata kelola pendidikan pelatihan vokasi.

"Selain itu, Kemnaker bersama Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat juga membangun pusat pendidikan yang unggul, berkualitas, serta dapat berdaya saing," ucap Ida Fauziyah.

Menaker Ida menjelaskan, berbagai program telah dilakukan dalam meningkatkan kualitas SDM di Provinsi Papua dan Papua Barat melalui pelatihan vokasi berbasis kompetensi, pemagangan, pelatihan peningkatan produktivitas, akreditasi lembaga pelatihan kerja, dan pembangunan Skill Development Center (SDC).

Program lainnya dalam mengembangkan SDM melalui pelatihan vokasi adalah dengan membangun BLK Komunitas untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan.

"Dengan adanya BLK Komunitas ini diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas dan masyarakat sekitar dalam bekerja atau berwirausaha," kata Menaker Ida.

Ia menegaskan, masih banyak program Pemerintah lainnya yang bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan bagi masyarakat Papua dan Papua Barat.

"Karena memang dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari semua sektor mulai dari Pemerintah Pusat dan Daerah, sektor swasta, hingga seluruh elemen masyarakat untuk bisa mendukung program pembangunan yang ada di Papua dan Papua Barat," ucap Menaker Ida.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Tenaga Kerja Menaker Ida Papua SDM BLK Komunitas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :