Sabtu, 20/04/2024 20:16 WIB

Tanggapi Isu Reshuffle, PKB: Presiden Mengetahui yang Terbaik

PKB tak persoalkan PAN masuk kabinet, semua terserah Presiden

Wakil Ketua Umum DPP PKB bidang Pemenangan Pemilu, Jazilul Fawaid

Jakarta, Jurnas.com – Isu reshuffle kabinet semakin kencang berhembus, seiring semakin dekatnya Hari Rabu Pon Pamungkas di tahun 2021 yang jatuh pada 8 Desember 2021.

Merujuk kebiasaan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle pada Hari Rabu Pon dalam kalender Jawa, karena sering dikaitkan sebagai hari baik bagi Presiden Jokowi.

Menanggapi isu reshuffle itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menegaskan PKB sangat menghormati hak prerogatif Presiden Jokowi.

”Karena reshuffle itu hak prerogatif Presiden, kami dari PKB manut saja apa yang nanti akan diambil oleh Presiden karena Presiden tahu apa yang terbaik buat Indonesia, dan tahu apa yang harus dilakukan dengan para menteri dan kabinetnya,” ujar Gus Jazil, Rabu (1/12/2021).

Gus Jazil menyebut PKB hingga saat ini belum diajak bicara oleh Presiden mengenai isu reshuffle. Namun, Wakil Ketua MPR ini memaklumi ketika saat ini masyarakat cukup antusias dengan isu reshuffle karena Hari Rabu Pon memang tinggal tersisa sekali pada tahun ini yakni pada 8 Desember 2021.

”Seperti lazimnya yang sering dilakukan Pak Presiden Jokowi, saat ini isu reshuffle memang sedang kencang dibicarakan, meskipun pihak Istana atau Pak Jokowi belum memberikan sinyal. Tetapi, masyarakat menunggu karena lazimnya Pak Jokowi melakukan reshuffle itu pada Hari Rabu Pon, dan Rabu Pon itu akan jatuh pada 8 Desember,” urainya.

Kendati begitu, Gus Jazil menilai tidak mesti juga Presiden akan menjadikan Rabu Pon pamungkas di Tahun 2021 atau sepekan mendatang untuk melakukan reshuffle kabinet karena sampai hari ini tanda-tanda reshuffle juga belum kelihatan.

Terkait munculnya wacana PAN yang disebut-sebut ingin bergabung di kabinet meskipun pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu, PAN berada di kubu yang berseberangan sebagai pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Gus Jazil mengatakan bahwa hal itu juga terserah kepada Presiden.

"Perlu saya ingatkan karena reshuffle ini hak prerogatif Presiden, jangan mendikte-dikte apa yang menjadi kebijakan Presiden. Jadi, PAN atau siapapun, biarkan Presiden mengambil keputusan, tanpa perlu ditekan-tekan dan didikte-dikte,” kata Gus Jazil. 

KEYWORD :

PKB Jazilul Fawaid reshuffle kabinet prerogatif presiden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :