Rabu, 24/04/2024 20:21 WIB

Kemnaker Harap Pemda dan Stakeholder Kolaborasi Bangun Kompetensi SDM Daerah

Menurut Menaker Ida, kedua fasilitas peningkatan kompetensi ini adalah wujud komitmen bersama pemda dan dunia usaha dalam memajukan masyarakat di daerah melalui pelatihan vokasi.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah meresmikan Training Ground milik PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Morowali, Sulawesi Tengah. (Foto: Biro Humas Kemnaker)

Morowali, Jurnas.com - Usai menyaksikan serah terima hibah lahan dan BLK dari Pemkab Morowali kepada Kemnaker, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, meresmikan Training Ground milik PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Morowali, Sulawesi Tengah.

Menurut Menaker Ida, kedua fasilitas peningkatan kompetensi ini adalah wujud komitmen bersama pemda dan dunia usaha dalam memajukan masyarakat di daerah melalui pelatihan vokasi.

"Tentunya peningkatan kompetensi dan daya saing SDM bukanlah tugas yang harus diemban oleh Pemerintah semata. Kami tidak bisa mengemban tugas yang berat ini tanpa adanya dukungan dan kerja sama dari mitra industri dan masukan dari rekan pekerja," kata Menaker Ida saat menghadiri Peletakan Batu Pertama Training Ground PT IMIP di Morowali, Kamis (25/11/2021).

Menaker Ida berharap, pemda dan stakeholders terus bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun kompetensi SDM di daerah. Sehingga solusi yang hadirkan benar-benar mampu menjawab tantangan ketenagakerjaan di daerah masing-masing.

"Setelah berdiri nanti, saya berharap Training Ground ini dapat bermitra dan berkolaborasi dengan UPTP BLK Morowali," ujar Menaker Ida.
Chief Executive Officer (CEO) PT IMIP, Alexander Barus, mengatakan, PT IMIP terus berkembang dengan pesat dari waktu ke waktu. Perkembangan industri yang pesat ini harus diimbangi dengan pembangunan SDM yang mumpuni, agar keberadaan industri tidak menimbulkan dampak negatif sosial dan ekonomi.

"Training Ground ini dibangun bukan untuk gagah-gagahan. Ini dibangun agar kita bisa menyiapkan tenaga kerja, khususnya di Morowali dan Indonesia Timur, bisa menggantikan TKA," katanya.

Menurut Alex, saat ini di PT IMIP terdapat 5.870 TKA dari total 60 ribu orang pekerja. Ia berharap, keberadaan BLK Kemnaker dan Training Ground dapat menekan jumlah TKA di PT IMIP hingga 6 persen dari total pekerja.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Tenaga Kerja Menaker Ida Training Ground Kompetensi SDM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :