Selasa, 23/04/2024 22:25 WIB

Belanda Segera Umumkan Langkah Baru Atasi Lonjakan COVID-19

Meskipun sekitar 85 persen populasi orang dewasa Belanda telah divaksinasi lengkap terhadap COVID-19, kasus baru mencapai rekor tertinggi 23.709 dalam 24 jam pada pada Rabu (24/11).

Ilustrasi virus corona (Foto: Lizabeth Menzies/AFP)

AMSTERDAM, Jurnas.com - Menteri Kesehatan Hugo de Jonge mengatakan, pemerintah Belanda akan mengumumkan langkah-langkah baru pada Jumat (26/11) untuk mengatasi lonjakan infeksi COVID-19 yang menekan rumah sakit.

Data resmi menjukkan, meskipun sekitar 85 persen populasi orang dewasa Belanda telah divaksinasi lengkap terhadap COVID-19, kasus baru mencapai rekor tertinggi 23.709 dalam 24 jam pada pada Rabu (24/11).

Angka mingguan yang dirilis pada Selasa telah menunjukkan peningkatan hampir 40 persen dalam kasus dalam seminggu terakhir.

"Tingkat infeksi lebih tinggi dari sebelumnya," kata De Jonge dalam sebuah surat kepada parlemen. "Penerimaan rumah sakit terus melebihi harapan dan kami belum melihat yang terburuk."

Dia mengatakan panel ahli kesehatan pemerintah akan memberikan saran kebijakan baru pada hari Kamis dan keputusan akan menyusul pada hari Jumat.

Jumlah pasien COVID-19 di rumah sakit telah mencapai tingkat yang tidak terlihat sejak awal Mei, dan para ahli telah memperingatkan bahwa rumah sakit akan mencapai kapasitas penuh dalam waktu kurang dari seminggu jika virus tidak terkendali.

Setelah mengakhiri sebagian besar langkah jarak sosial pada akhir September, pemerintah Belanda bulan ini memperkenalkan kembali pemakaian masker dan menerapkan kembali sebagian, dengan bar dan restoran tutup pada jam 8 malam.

Rencana untuk membatasi akses ke banyak tempat umum bagi orang-orang yang telah divaksinasi atau baru saja pulih dari COVID-19 memicu kerusuhan tiga malam sejak Jumat lalu dan lebih dari 170 orang ditangkap di seluruh negeri.

KEYWORD :

Hugo de Jonge Lonjakan COVID-19 Belanda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :