Jum'at, 19/04/2024 12:14 WIB

Ketemu Biden, Xi Jinping Bakal Bahas Masalah Taiwan

Sebuah editorial dalam bahasa Inggris China Daily pada Senin (15/11) mengatakan bahwa kemungkinan Xi akan memberi kesan kepada Biden bahwa Beijing bertekad untuk mewujudkan reunifikasi nasional di masa mendatang tidak peduli biayanya.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden berbicara melalui telepon untuk kedua kalinya tahun ini. (Foto: AFP)

BEIJING, Jurnas.com - Presiden China, Xi Jinping diperkirakan akan menggunakan pertemuan virtual pertamanya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk memperingatkan AS agar "mundur" dalam masalah Taiwan.

Xi dan Biden dijadwalkan bertemu secara virtual pada Selasa pagi waktu Beijing - Senin malam di Washington - karena gesekan antara negara-negara terus berlanjut di berbagai masalah termasuk perdagangan, teknologi, Xinjiang dan terutama Taiwan, sebuah pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang diklaim oleh China.

Sebuah editorial dalam bahasa Inggris China Daily pada Senin (15/11) mengatakan bahwa kemungkinan Xi akan memberi kesan kepada Biden bahwa Beijing bertekad untuk mewujudkan reunifikasi nasional di masa mendatang tidak peduli biayanya.

Outlet media pemerintah seperti China Daily diberi pengarahan oleh pihak berwenang tentang isu-isu penting seperti hubungan China-AS dan telah akurat dalam mencerminkan prioritas para pemimpin China.

"Pertanyaan Taiwan adalah garis merah utama China," tulis editorial Senin oleh Global Times, sebuah tabloid yang diterbitkan oleh People`s Daily milik Partai Komunis yang berkuasa.

"Untuk mengurangi risiko tabrakan strategis antara China dan AS, yang terakhir harus mengambil langkah mundur dari pertanyaan Taiwan dan menunjukkan pengekangannya," tulisnya.

Dalam panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Sabtu, diplomat senior China Wang Yi memperingatkan Washington agar tidak mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan pro-kemerdekaan Taiwan.

Beberapa ahli mengatakan penekanan China pada Taiwan di tengah-tengah titik gesekan lainnya mencerminkan keengganannya untuk terlibat dalam konflik bersenjata dengan Amerika Serikat secara tidak perlu, terlepas dari kata-kata dan tindakannya baru-baru ini, termasuk mengirim pesawat dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya ke zona pertahanan udara Taiwan.

"Para pemimpin China sadar bahwa China belum menyelesaikan modernisasinya dan masih menghadapi banyak tantangan dalam ekonomi domestiknya," kata Li Mingjiang, profesor di S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura.

"Perang bisa sangat mengganggu modernisasi ini dan mengembalikan kebangkitannya," katanya kepada Reuters.

China juga tidak memiliki keyakinan penuh bahwa mereka dapat mengamankan kemenangan militer yang jelas pada tahap ini, kata Li.

KEYWORD :

Amerika Serikat Joe Biden China Xi Jinping




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :