Jum'at, 19/04/2024 06:12 WIB

Sekjen PDIP: Menjaga Lingkungan Merefleksikan Kepahlawanan

hadirkan pahlawan-pahlawan lingkungan 

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - Peringatan Hari Pahlawan 10 November dapat direfleksikan dengan berbagai cara dan kegiatan positif, karena perjuangan pahlawan selalu relevan sepanjang jaman.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, setiap warga negara yang berkomitmen dan berjuang sesuai dengan bidangnya dapat dikategorikan sebagain pahlawan.

"Seperti atlet yang berhasil di ajang Olimpiade atau Asian Games, peneliti atau bahkan mahasiswa yang diakui di level internasional, juga bisa dikategorikan mempunyai jiwa kepahlawanan," ungkap Hasto, Rabu (10/11/2021)..

Dalam situasi kekinian, ungkap Hasto, PDI Perjuangan melihat begitu seriusnya kerusakan lingkungan. Bencana yang ditimbulkan pun sangat dahyat.

Banjir, tanah longsor, pencemaran sungai dan danau akibat pembuangan limbah industri secara sembarangan. Demikian halnya kebakaran hutan dan berbagai bencana lingkungan akibat alih fungsi lahan hutan.

Ia pun menyebut banjir dan tanah longsor yang terjadi di banyak wilayah di Indonesia. Apa yang terjadi di Kota Batu dan banjir besar di Kalimantan Barat yang kini telah memasuki minggu ketiga merupakan bukti betapa seriusnya kerusakan lingkungan yang terjadi.

"Kesemuanya menyadarkan kita betapa pentingnya saat ini bagi hadirnya para pahlawan-pahlawan lingkungan yang terus berjuang untuk melindungi bumi," ungkap Hasto.

Ia pun memastikan PDI Perjuangan terus mendorong gerakan mencintai bumi. Ditinjau dari kebijakan seluruh tiga pilar Partai wajib mencegah perusakan hutan, alih fungsi lahan hutan, dan menjaga ekosistem hutan.

"Dari aspek kultur Partai, gerakan penghijauan dan pembersihan sungai serta menjaga hulu aliran sungai agar tetap hijau dan lestari harus menjadi bagian dari kultur Partai," tandanya.

Dengan gerakan mencintai bumi agar tetap astri, Hasto menyebut hakekat kepahlawanan bagi kelangsungan masa depan umat manusia dapat dijalankan bersama-sama.

PDI Perjuangan menegaskan bahwa  seluruh simpatisan, anggota, dan kader Partai memilki tradisi mengheningkan cipta, mendoakan para kusuma bangsa dan sekaligus mengambil inspirasi dari api perjuangan yang telah ditunjukkan para pahlawan bangsa.

"Hening cipta menjadi bagian dari protokol acara resmi Partai. Jiwa kepahlawanan tumbuh dari rasa cinta pada tanah air, kesediaan berkorban, dan keyakinan untuk berjuang bagi kepentingan bangsa dan negara," tandas Hasto

KEYWORD :

Hari Pahlawan 10 November PDI Perjuangan kerusakan lingkungan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :