Sabtu, 20/04/2024 10:58 WIB

Komisi IV Minta Kementan Tunda Dinas ke Luar Negeri

Pada akhir November 2021, Kementan akan melakukan perjalanan dinas kesepuluh negara dengan delegasi yang jauh lebih besar di tengah pandemi COVID-19.

Ketua Komisi IV DPR, Sudin

JAKARTA, Jurnas.com - Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin meminta agar anggaran perjalanan dinas ke luar negeri Kementerian Pertanian (Kementan) dialokasikan untuk pembangunan pertanian.

Saat membuka Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Eselon I Kementan, Sudin pertama-tama meminta penjelaskan output hasil perjalanan dinas Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo bersama dengan sebagian eselon I dan II.

"Komisi IV meminta penjelasan, mengapa perjalan tesebut tetap dilaksakana pada saat pandemi. Karena pada rapat kerja dan dengar pendapat sebelumnya, Komisi IV meminta agar komponen perjalan dinas ditekan seminimal mungkin, terutama perjalanan luar negeri," kata Sudin.

Sudin juga mempertanyakan rencana Kementan pada akhir November 2021 untuk melakukan perjalanan dinas kesepuluh negara dengan delegasi yang jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya.

"Saya mendapatkan info akan ada delasi 100 orang lebih, apa sih yang mau dilakukan di sana, menjual kopi? Coba pikirkan yang terjadi ekspor apapun saat ini sulit kontainernya. Jadi, kalau sudah jalan keluar negeri pulang terus kontainernya nggak ada trus mau bawa pake apa?" tanya Sudin.

"Ini memang bukan tupoksi Kementan, tapi kalau mau dijual di sana tidak ada transportasinya mau gimana?," sambungnya.

Terkait rencana tersebut, Komisi IV meminta agar kegiatan perjalan luar negeri Kementan tersebut ditunda. "Lebih baik anggaran perjalan ke luar negeri tersebut digunakan membangun pertanian dalam negeri menginagat pandemi COVID cukup parah bagi perekonomian bangsa kita," ujarnya.

KEYWORD :

Komisi IV DPR RI Sudin Perjalanan Dinas Kementan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :