Sabtu, 20/04/2024 09:39 WIB

Wenger: Saya Seharusnya Tinggalkan Arsenal Lebih Awal

Wenger memegang posisi pelatih di Arsenal sejak 1996, sekaligus menorehkan salah satu periode paling sukses dalam sejarah klub London utara itu.

Arsene Wenger

London, Jurnas.com - Arsene Wenger menyebut bahwa dia seharusnya meninggalkan Arsenal lebih awal. Dia mengungkapkan, ketegangan yang terjadi di jajaran dewan telah terasa sejak 2007 silam.

Wenger memegang posisi pelatih di Arsenal sejak 1996, sekaligus menorehkan salah satu periode paling sukses dalam sejarah klub London utara itu.

Namun, performa The Gunners di bawah pelatih Prancis itu mulai turun hingga akhirnya dia pergi pada 2018 ketika tim tidak lagi berada di Liga Champions.

"Saya mengidentifikasi diri saya sepenuhnya dengan klub, itu adalah kesalahan yang saya buat," kata pria 72 tahun, yang sekarang menjabat sebagai kepala pengembangan sepakbola global FIFA.

"Kelemahan fatal saya adalah saya terlalu mencintai di mana saya berada – di mana saya berada. Aku menyesalinya. Aku seharusnya pergi ke tempat lain," sambung dia dikutip dari Goal pada Selasa (9/11).

"Terkadang saya bertanya-tanya, apakah ada yang rusak setelah musim Invincible itu? 2007 adalah titik yang menentukan. Ini adalah pertama kalinya saya bisa merasakan ada ketegangan di dalam dewan," ucap dia.

Wenger mengungkapkan tawaran yang dia terima untuk meninggalkan Arsenal saat berada di masa jayanya. Manchester United dan Real Madrid ditolak demi perpanjangan masa tinggal di London utara.

"Saya bisa saja pergi ke tim nasional Prancis. Tim nasional Inggris dua atau tiga kali bahkan. Saya bisa pergi dua kali ke Real Madrid. Saya bisa saja pergi ke Juventus, Paris St Germain, bahkan Manchester United," terang dia.

Wenger memberikan 17 trofi domestik di Arsenal dan membimbing klub tersebut ke final Liga Champions pertama mereka.

The Gunners memenangkan tiga gelar Liga Premier di bawah kepemimpinannya, yang terakhir mereka berhasil tanpa kehilangan satu pertandingan pun pada musim 2003-2004, sekaligus menjadi satu-satunya tim dalam sejarah kompetisi yang menyelesaikan musim tak terkalahkan.

Wenger juga memenangkan tujuh Piala FA, termasuk tiga dalam empat musim terakhirnya.

KEYWORD :

Arsene Wenger Arsenal Liga Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :