Jum'at, 19/04/2024 21:15 WIB

Awas! 4 Penyebab Kantuk Mengintai Pengemudi di Jalan Tol

Mengantuk adalah hal yang paling ditakuti oleh pengemudi saat berkendara. Apalagi jalan tol yang cenderung lurus, sering kali membuat mata kelelahan lalu mengantuk.

Jalan tol layang (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Dunia hiburan Tanah Air tengah berduka usai Vanessa Angel dan sang suami, Febri Ardiansyah meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan tunggal di Tol Nganjuk, Jawa Timur.

Menurut keterangan polisi, kecelakaan tersebut disebabkan oleh sopir yang mengantuk, sehingga kehilangan konsentrasi saat menyetir.

Mengantuk adalah hal yang paling ditakuti oleh pengemudi saat berkendara. Apalagi jalan tol yang cenderung lurus, sering kali membuat mata kelelahan lalu mengantuk.

Dikutip dari berbagai sumber, inilah empat penyebab kantuk yang wajib dihindari:

1. Jalanan lurus, sepi, dan panjang

Jalan tol lintas Jawa umumnya berupa trek lurus dan panjang. Meski disukai karena kerja kaki dan tangan tidak sesibuk saat di jalan arteri, jalanan lurus dan panjang cenderung membuat pengemudi bosan hingga akhirnya mengantuk. Inilah alasan pengemudi harus ditemani oleh penumpang yang aktif mengajaknya mengobrol.

2. Gangguan tidur

Gangguan tidur bisa menyebabkan kecelakaan di jalan tol. Ritmen tidur yang tidak teratur bisa mengakibatkan pengemudi mudah lelah dan mengantuk saat berkendara. Sebaiknya, sebelum berkendara jarak jauh, pengemudi sudah mendapatkan tidur yang cukup.

3. Kondisi tubuh kurang fit

Adakalanya, pengemudi tetap memaksakan untuk berkendara meskipun kondisi tubuhnya sedang tidak fit. Padahal, inilah yang menjadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan tol.

Besar kemungkinan tubuh yang tidak sehat memicu sakit kepala atau bahkan pingsan saat menyetir. Atau, tubuh yang sedang di bawah pengaruh obat bisa membuat mata pengemudi cepat mengantuk.

4. Mabuk

Toleransi seseorang terhadap alkohol memang berbeda-beda. Namun berkendara di bawah pengaruh minuman keras sangat dilarang. Pasalnya, pengemudi bisa tiba-tiba kehilangan kesadaran akibat mengantuk.

KEYWORD :

Vanessa Angel Jalan Tol Sopir Mengantuk Kecelakaan Tunggal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :