Sabtu, 20/04/2024 04:59 WIB

Legislator PDIP: Jenderal Andika Pilihan Paling Tepat

Dengan  diumumkannya Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal panglima TNI, maka selesailah teka teki siapa panglima TNI yang dipilih Presiden Joko Widodo. Menurut hemat saya penunjukkan Jenderal Andika Perkasa  sebagai calon panglima TNI sudah memenuhi persyaratan dan merupakan pilihan yang paling tepat.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), TB Hasanuddin. (Foto: Jurnas.com)

 

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin mengapresiasi penunjukan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Politisi PDIP ini menilai, penunjukan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI sudah memenuhi persyaratan.

"Dengan  diumumkannya Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal panglima TNI, maka selesailah teka teki siapa panglima TNI yang dipilih Presiden Joko Widodo. Menurut hemat saya penunjukkan Jenderal Andika Perkasa  sebagai calon panglima TNI sudah memenuhi persyaratan dan merupakan pilihan yang paling tepat," kata dia dalam keterangan pers, Rabu (3/11).

Selanjutnya, kata TB Hasanuddin, Komisi I DPR RI segera mengagendakan pelaksanaan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan. Keputusan Komisi I DPR selanjutnya akan diserahkan dalam rapat paripurna.

"Keputusan rapat paripurna ini kemudian diserahkan kembali kepada presiden, dan  selanjutnya Presiden akan melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI ,  kemudian  dilanjutkan  dengan serah terima jabatan di lapangan," ungkapnya.

TB Hasanuddin menjelaskan, proses uji kelayakan ini mungkin akan dilaksanakan pekan depan. Ia yakin proses uji kelayakan akan berlangsung aman, karena selama ini Jenderal Andika Perkasa adalah mitra yang baik di komisi I.

Ia juga memprediksi dalam uji kelayakan tersebut akan dibahas soal program-program Panglima TNI kedepan, seperti pembangunan alat  utama sistem persenjataan (alutsista) yang dilakukan dengan berpedoman pada rencana program minimum essential force (MEF).

"Saya prediksi juga akan ditanyakan program-program lain seperti: upaya meningkatkan displin prajurit, pelatihan dan pendidikan TNI menjadi prajurit profesional, menjaga agar TNI tetap sesuai dengan aturan perundang-undangan yakni tak berbisnis dan berpolitik praktis serta  keinginan agar Panglima TNI harus mampu meningkatkan kesejahteraan prajurit, termasuk didalamnya membahas situasi di Papua dan situasi aktual seputar Laut Cina Selatan , dan masalah masalah lainnya,” bebernya.

Hasanuddin juga mengucapkan selamat kepada Jendral Andika Perkasa yang menjadi satu-satunya calon Panglima TNI yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

"Selamat kepada Jendral Andika Perkasa, semoga amanah dalam jabatan baru sebagai Panglima TNI," tutupnya.

KEYWORD :

Warta DPR PDIP TB Hasanuddin Calon Panglima TNI Andika Perkasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :