Jum'at, 19/04/2024 22:48 WIB

Andhika Perkasa Punya Banyak Rumah Hibah Tanpa Akta

Secara keseluruhan Total harta kekayaan Andika sekitar Rp 179,9 Miliar.

Ilustrasi LHKPN

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno telah menyerahkan Surat Presiden (Surpres) terkait pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke DPR RI. Dalam Surpres itu, KSAD Jenderal Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI.

Dikutip awak media dari laman KPK, Rabu, (3/11), tercatat bahwa Andika memiliki harta kekayaan total Rp 179 miliar. Harta kekayaannya itu dilaporkan saat Andika menjabat sebagai Kasad TNI AD pada 20 Juni 2021.

Harta Andika didominasi dengan tanah dan bangunan yang berjumlah 20 unit yang tersebar di beberapa daerah, seperti Jakarta, Cianjur, Bogor, Bantul, Sleman, Bandar Lampung, Surabaya, dan Tabanan Bali.

Ia juga tercatat memiliki aset bangunan seluas 76 meter persegi di Australia. Selain itu tiga unit tanah dan bangunan di Amerika Serikat, dengan masing-masing luasnya 2223 meter persegi, 4875 meter persegi 6248 meter persegi.

Di mana, aset tanah dan bangunan milik Andhika itu berstatus hibah tanpa akta. Hanya satu tanah di Bogor yang hasil sendiri. Jumlah keseluruhan dari aset tersebut sekitar Rp 38 Miliar.

Andika dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) juga tercatat memiliki 2 kendaraan yakni Landrover Sport 3.0 V6 tahun 2014 dan Mercedes Benz Sprinter 315 tahun 2018. Keduanya ditaksir seharga Rp 2,6 Miliar.

Andika juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya yang nilainya ditaksir mencapai sekitar Rp 10 Miliar, surat berharga sekitar Rp 2 Miliar dan Kas sekitar Rp 126 Miliar. Secara keseluruhan Total harta kekayaan Andika sekitar Rp 179,9 Miliar.

Diberitakan sebelumnya, Pimpinan DPR RI telah menerima Surpres mengenai usulan calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah memasuki masa purna tugas alis pensiun.

Ketua DPR RI, Puan Maharani menyebutkan bahwa berdasarkan Surpres yang diterima, Presiden RI Joko Widodo hanya mengusulkan satu orang nama, yakni KSAD Jenderal Andika Perkasa.

“Pimpinan DPR RI menerima surat presiden (Surpres) mengenai usulan calon Panglima TNI calon atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa untuk menggantikan Marskal Hadi Tjahjanto yang telah memasuki pensiun,” kata dia dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Puan mengatakan, pihaknya mengenai usulan calon Panglima TNI oleh Presiden RI Joko Widodo ini.

KEYWORD :

Calon Panglima TNI Andhika Perkasa LHKPN Rumah Hibah Tanpat Akta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :