Sabtu, 20/04/2024 02:46 WIB

Didiagnosa Kanker Prostat, SBY Akan Berobat ke Luar Negeri

SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

Presiden RI ke -6 Susilo Bambang Yudhoyono

Jakarta, Jurnas.com - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan mengalami kanker prostat (prostate cancer). Dalam waktu dekat, SBY akan melakukan medical check-up dan pengobatan di luar negeri. 

“Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer),” kata Ossy Dermawan, Staf Pribadi SBY dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 2 November 2021.

Ossy menjelaskan, berdasar hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

“Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY,” ujarnya.

Ossy menambahkan, setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat.

Komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY.

“Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY,” ujarnya.

Sesuai etika dan tata krama, terang Ossy, SBY ditegaskan sudah menelepon Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri.

"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut,” imbuhnya.

KEYWORD :

Susilo Bambang Yudhoyono SBY Didiagnosa Kanker Prostat Presiden ke-6




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :