Selasa, 23/04/2024 18:19 WIB

Pamer Kekuatan ke Iran, AS Terbangkan Pesawat Pengebom di Timur Tengah

Pesawat juga terbang di atas Selat Hormuz, sebuah chokepoint untuk seperlima dari produksi minyak dunia di ujung Teluk yang dianggap Iran sebagai wilayah pengaruh strategis.

Sebuah Lancer B-1B Angkatan Udara AS terbang di atas Laut Cina Timur. (AFP)

WASHINGTON, Jurnas.com - Sebuah pesawat pembom Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) yang dikawal jet tempur dari sekutu termasuk Israel telah terbang di atas jalur air utama di Timur Tengah di mana kapal angkatan laut AS dan Iran berhadapan.

Komando Pusat AS, atau Centcom, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (29/10), B-1B Lancer melewati Teluk, Selat Bab al-Mandeb, Terusan Suez dan Teluk Oman.

Pesawat juga terbang di atas Selat Hormuz, sebuah chokepoint untuk seperlima dari produksi minyak dunia di ujung Teluk yang dianggap Iran sebagai wilayah pengaruh strategis.

"Misi gugus tugas pembom ... dimaksudkan untuk menyampaikan pesan kepastian yang jelas," kata Centcom.

Jet tempur dari Israel, Arab Saudi dan Bahrain, semua sekutu AS yang menentang Republik Islam Iran, mengawal pembom AS di wilayah udara masing-masing.

"Kesiapan militer untuk setiap kontingensi atau misi - dari respons krisis hingga latihan multilateral hingga patroli kehadiran satu hari seperti ini - bergantung pada kemitraan yang andal," kata komandan Centcom Jenderal Frank McKenzie, kepala pasukan AS di Timur Tengah.

Jet tempur Mesir juga menyertai B-1B, sebuah pembom supersonik yang dapat membawa muatan konvensional terberat dari semua pesawat militer AS.

Pada Januari, sebuah pesawat pengebom B-52 AS, yang juga mampu membawa senjata nuklir, terbang di atas Timur Tengah.

Sejak Februari, Iran dan Israel telah dituduh terlibat dalam apa yang oleh para analis disebut "perang bayangan", di mana kapal-kapal yang terkait dengan masing-masing negara diserang di perairan sekitar Teluk dalam pertukaran timbal balik.

Patroli regional, operasi kelima Centcom tahun ini, dilakukan saat pembicaraan yang bertujuan menghidupkan kembali kesepakatan 2015 untuk membatasi program nuklir Iran terhenti.

Presiden AS Joe Biden telah berulang kali menawarkan untuk kembali ke perjanjian nuklir, tetapi pemerintahannya telah menyuarakan frustrasi yang semakin besar atas penundaan setelah pemerintah garis keras mulai menjabat di Iran.

Presiden Donald Trump saat itu menarik Amerika Serikat dari kesepakatan pada 2018 dan memberlakukan sanksi besar-besaran, membuat Iran meningkatkan kerja nuklir yang diperebutkan sebagai pembalasan.

KEYWORD :

Iran Amerika Serikat Pesawat Pengebom B-1B Lancer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :