Jum'at, 19/04/2024 15:24 WIB

Anggota DPR Vita Ervina Beri Bantuan Alsintan untuk Petani Wonosobo

Bantuan alsintan yang diberikan berupa traktor roda dua, traktor roda empat, cultivator, handsprayer, power thresher, corn sheller, pompa air, dan RMU. Beberapa jenis alsintan tersebut sudah mulai dikenal luas, baik itu mesin pengolahan tanah hingga mesin panen.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDIP, Vita Ervina. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina menyerahkan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani di Wonosobo Jawa Tengah. 

Dia berharap bantuan alsintan bisa menghemat pengeluaran serta meningkatkan hasil produksi pertanian.

"Penggarapan lahan pertanian dengan alsintan akan menghemat waktu, tenaga dan biaya, sehingga biaya produksi bisa ditekan dan waktu panen dapat dipercepat," jelas Vita dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/10).

Hal yang sama diutarakan Wakil rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari Dapil VI Jateng yang meliputi Wonosobo, Temanggung, Magelang dan Purworejo itu saat memberi sambutan secara virtual dalam Bimtek Optimalisasi Penggunaan Alsintan.

Menurut Vita, Bimtek Optimalisasi Penggunaan Alsintan digelar dalam rangka mengoptimalisasikan penggunaan alsintan di bidang pertanian. Bimtek digelar bersama mitra Komisi IV DPR, yakni Kementerian Pertanian RI melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPP) Balai Besar Mekanisasi Pertanian Serpong. 

Bimtek ditegaskan Vita bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kualitas SDM pertanian kepada penerima manfaat program bantuan aspirasi alsintan guna mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern. 

"Selama dua tahun terakhir, kami telah menyalurkan ratusan alsintan," kata Vita.

Adapun bantuan alsintan yang diberikan berupa traktor roda dua, traktor roda empat, cultivator, handsprayer, power thresher, corn sheller, pompa air, dan RMU. Beberapa jenis alsintan tersebut sudah mulai dikenal luas, baik itu mesin pengolahan tanah hingga mesin panen. 

Vita menambahkan, salah satu kendala yang dihadapi petani adalah optimalisasi alsintan. Karenanya ia berharap agar alsintan yang diberikan benar-benar digunakan dan dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan hasil produksi di bidang pertanian.

"Jangan sampai mangkrak, gunakan alsintan, dipelihara juga keberadaannya untuk menunjang pekerjaan," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Balai Penelitian Pengembangan Pertanian Balai Besar Mekanisasi Pertanian Serpong Harsono mengatakan tujuan Bimtek ini untuk mempersiapkan kelembagaan dan SDM tentang peran strategis pemanfaatan mekanisasi dan penggunaan alsintan. 

"Kelompok tani penerima alsintan yang sudah dibekali pengetahuan dapat mengoptimalkan bantuan yang diterima. Melalui penggunaan bantuan alsintan produksi hasil pertanian meningkat yang berdampak pada kesejahteraan para petani," kata dia.

Teknologi mekanisasi dan modernisasi pertanian yang lebih efektivitas dan efisiensi ini diharapkan tidak hanya berdampak pada proses yang lebih cepat dan semakin berkurangnya biaya produksi. Namun juga meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil produk pertanian. 

Maka, imbuh dia, melalui program bantuan alsintan baik pra-panen maupun pasca panen ini, diharapkan agar kelompok tani bisa bekerjasama, saling berbagi pengetahuan dan ketrampilan dalam mengoptimalkan bantuan alsintan yang diberikan. 

Karena hakikatnya semua untuk kemandirian pengelolaan yang berkesinambungan dan memberi manfaat bagi petani. Penggunaan alsintan akan mengubah budaya masyarakat dari pola pertanian tradisional menuju managemen pertanian modern.

Dikatakan, ada fasilitas bengkel alsintan keliling yang lebih mobile, sehingga dapat melakukan perbaikan di tempat pemilik/pengguna alsintan. Poktan juga bisa juga bergabung dengan usaha pelayanan jasa alat dan mesin pertanian untuk mengelola alsintan.

"Operator maupun perwakilan kelompok tani dapat menggunakan alsintan secara optimal di desa masing-masing. Mampu menerapkan teknologi untuk kegiatan budidaya sehingga dapat menekan biaya pengolahan lahan dan terobosan lainnya," demikian Harsono.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IV DPR PDIP Vita Ervina Alat Mesin Pertanian Wonosobo Petani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :