Kamis, 25/04/2024 12:29 WIB

Ketua Komisi III DPR Puji Kapolri: Beliau Sangat Menjaga Martabat Institusi

Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry mengapresiasi ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam menjaga marwah institusi Polri.

Ketua Komisi III DPR, Herman Herry

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry mengapresiasi ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam menjaga marwah institusi Polri. Dimana, pernyataan Kapolri akan memotong kepala jika pimpinan Polri tidak bisa membersihkan ekor sebagai bentuk komitmen menjaga martabat institusi.

Menurutnya, pernyataan Kapolri Jenderal Sigit bukan asal ngomong dan sudah dibuktikan.

"Statement kapolri sebagai kepala nomor 1 di institusi Polri bukan asal ngomong, kami menilai selama masa kepemimpinan beliau sebagai Kepala Polri telah menunjukkan contoh yang baik dan beliau sangat menjaga martabat institusi," kata Herman, kepada wartawan, Jakarta, Kamis (28/10).

Untuk itu, kata Herman, Komisi III DPR sebagai mitra kerja Polri sangat mengapresiasi sikap tegas Kapolri Jenderal Sigit dalam menjaga martabat institusi. Ia berharap, jajaran Polri dari mulai Kapolda, Polres hingga Kapolsek dapat menjaga marwah institusi Polri.

"Oleh sebab itu, kami minta agar seluruh jajaran Kasatwil dan para Kepala Polda dan Polres agar memaknai dan menjaga martabat institusi polri di dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian," kata politikus PDI PDI Perjuangan itu.

Herman meyakini, cara "potong" kepala" sebagaimana disampaikan Kapolri Jenderal Sigit bisa dijalankan dengan afektif. "Insyaallah efektif, karena pernyataan Kapolri tersebut pasti beliau laksanakan untuk jajaran Mabes Polri, reward and punishment," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan tidak akan ragu menindak tegas kapolda, kapolres, hingga kapolsek apabila tidak mampu menjadi teladan bagi jajarannya. Sigit menuturkan seorang pimpinan harus bisa menjadi teladan agar dapat mengambil kebijakan yang sesuai.

Pernyataan tersebut disampaikan Sigit dalam sambutannya di acara penutupan pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-30, Sespimen Polri Dikreg ke-61, dan Sespimma Polri Angkatan ke-66, di Lembang, Jawa Barat, Rabu (27/10).

"Kalau tak mampu membersihkan ekor, maka kepalanya akan saya potong. Ini semua untuk kebaikan organisasi yang susah payah berjuang. Menjadi teladan, pelayan dan pahami setiap masalah dan suara masyarakat agar kita bisa ambil kebijakan yang sesuai," tutur Sigit.

KEYWORD :

Herman Herry Komisi III DPR Kapolri Jenderal Sigit Anggota Polisi Nakal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :