Sabtu, 20/04/2024 02:42 WIB

Anggota DPR: Pemuda Berperan Penting Sukseskan Presidensi G20 Indonesia 2022

Posisi Indonesia sebagai presiden G20 akan semakin mengukuhkan peran kita, pemuda intelektual bangsa, untuk berpartisipasi aktif dalam mengawal pelaksanaan kebijakan pemerintah dan G20 sendiri.

Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Golkar, Puteri Anetta Komarudin. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia terpilih menjadi Presiden G20 tahun 2022 dan tuan rumah penyelenggara KTT G20 tahun depan. Forum ini merupakan pertemuan rutin tahunan antar negara anggota G20 yang telah berlangsung sejak tahun 1999. 

Menurut anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin, peran pemuda sangat penting dalam menyukseskan Presidensi G20 Indonesia.

“Posisi Indonesia sebagai Presidensi G20 akan semakin mengukuhkan peran kita, pemuda intelektual bangsa, untuk berpartisipasi aktif dalam mengawal pelaksanaan kebijakan pemerintah dan G20 sendiri. Sebagai tuan rumah, tentu menjadi tantangan sekaligus kesempatan tersendiri bagi kita untuk menyampaikan pemikiran-pemikiran brilian pemuda Indonesia untuk kepentingan nasional maupun internasional,” terang dia dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (28/10).

Hal yang sama juga diutarakannya dalam Dialog Publik bertajuk Signifikansi Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 yang digelar oleh Golkar Institute, belum lama ini.

Lebih lanjut, Puteri menyampaikan bahwa Presidensi G20 Indonesia yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah ini dapat membawa pengaruh positif bagi perekonomian dan perpolitikan nasional.

“Secara ekonomi, pelaksanaan agenda KTT G20 di Indonesia dapat mendorong konsumsi domestik yang diperkirakan mencapai Rp1,7 triliun, penambahan PDB sebesar Rp7,47 triliun dan terciptanya penyerapan tenaga kerja sebanyak 33 ribu dari berbagai sektor. Sementara, dalam hal politik, presidensi ini dapat memberikan ruang yang lebih besar bagi Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan nasional di forum global,” kata Puteri. 

Sebelumnya pada Juli lalu, Puteri didapuk sebagai Ketua Delegasi Indonesia pada forum Y20 Summit 2021 di Italia. Forum Y20 Summit sendiri merupakan bagian dari pertemuan Engagement Groups KTT G20 yang mempertemukan perwakilan pemuda dari negara anggota G20. 

Pada forum tersebut, Puteri berhasil meloloskan 3 (tiga) proposal prioritas Indonesia untuk topik Inklusi dan Kesetaraan Kesempatan.

“Kami menyoroti terjadinya diskriminasi dan kesenjangan dalam segala aspek kehidupan, yang juga semakin diperdalam akibat pandemi. Karenanya, Y20 mendorong pemerintah G20 untuk mengatasi kesenjangan ini dan meningkatkan upaya-upaya untuk memperkuat inklusi. Sehingga, setiap masyarakat memiliki kesempatan yang setara dalam segala aspek kehidupan,” kenang Puteri.

Terakhir, Ketua Bidang Keuangan dan Pasar Modal Partai Golkar ini berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat turut serta dalam mensukseskan Presidensi G20 Indonesia. Ia juga berpesan agar pemerintah menyiapkan berbagai strategi untuk mendulang antusiasme serta dukungan masyarakat luas.

“Masyarakat maupun partai politik bisa berkontribusi langsung dalam mensukseskan rangkaian agenda ini. Selain untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman, dukungan dari berbagai elemen ini dibutuhkan untuk menindaklanjuti kebijakan-kebijakan yang nantinya diputuskan dalam KTT G20,” tutup Puteri.

Hadir pula pada acara tersebut: Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar, Co-Sherpa G20 Indonesia Edi Prio Pambudi, Akademisi Australian National University Prof. Gareth Evans.

KEYWORD :

Warta DPR Golkar Puteri Anetta Komarudin Pemuda KTT G20




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :