Sabtu, 20/04/2024 16:26 WIB

Mobil Transfusi Bantu Penuhi Kebutuhan Darah Pasien Kanker

Mobil transfusi yang dihibahkan oleh Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) ke Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, terus beroperasi di tengah pandemi Covid-19.

Mobil transfusi darah (Foto: Dok. YKPI)

Jakarta, Jurnas.com - Mobil transfusi yang dihibahkan oleh Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) ke Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, terus beroperasi di tengah pandemi Covid-19.

Dikatakan, mobil transfusi yang kini ditangani oleh Unit Transfusi Darah (UTD) RS Kanker Dharmais tersebut memberikan manfaat besar bagi masyarakat, maupun pasien kanker yang membutuhkan darah dalam masa pengobatan.

"Biasanya pada kasus pasien kanker yang trombosit dan leukositnya turun, mencari darahnya di PMI (Palang Merah Indonesia, Red). Tapi kan berebut dengan pengguna lain, yang kecelakaan atau yang mau operasi," terang Pengawas YKPI, Bambang Purwanto saat dihubungi pada Jumat (22/10).

"Makanya lebih sering kosong. Untuk menyiasati itu, RS Kanker Dharmais punya bank darah. Kalau pasien nge-drop, bisa langsung ke UTD kita," sambung dia.

Mobil transfusi darah, lanjut Bambang, juga mengumpulkan darah plasma konvalesen dari penyintas Covid-19. Plasma tersebut berguna untuk pasien kanker yang juga mengidap Covid-19.

"Di Dharmais kebanyakan Covid-19 karena komorbid. Komorbidnya kanker. Mereka sudah kena kanker, plus kena Covid-19 lagi. Itulah fungsi keberadaan mobil itu, untuk menjembatani darah dari orang ke mesin," ujar Bambang.

Sejauh ini, antusiasme masyarakat terhadap mobil transfusi darah cukup baik. Biasanya, mobil transfusi ini mendatangi mall hingga komunitas untuk mengumpulkan darah dari para donor.

"Kita datang ke mall untuk melaksanakan bakti sosial. Pengunjung mall kita periksa, kalau darahnya bisa diambil, kita ambil. Tapi memang mobil ini tidak bisa keluar setiap hari, karena menyesuaikan dengan terbatasnya tenaga kesehatan yang kita miliki," tutup Bambang.

KEYWORD :

Mobil Transfusi YKPI Yayasan Kanker Payudara Indonesia RSKD Jakarta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :