Sabtu, 20/04/2024 10:32 WIB

Harga Rp 1 Jutaan, Ini Fakta Samsung M12 yang Perlu Anda Ketahui

Meskipun tergolong murah, kualitas Samsung M12 tidak bisa dikatakan abal-abal. 

Samsung M12

Jakarta, Jurnas.com - Pada zaman sekarang, ponsel merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Perangkat ini digunakan untuk berkomunikasi dan memudahkan berbagai pekerjaan manusia dengan aplikasi yang terpasang di dalamnya. Harga ponsel pun tidak lagi semahal dulu. Salah satu contohnya, Samsung M12 yang dibanderol di Blibli dengan harga Rp 1 jutaan saja.

Meskipun tergolong murah, kualitas Samsung M12 tidak bisa dikatakan abal-abal. Pengguna masih dapat menikmati berbagai fitur yang disematkan. Namun, Anda tentu perlu mengenal spesifikasinya agar bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan sehari-hari. Yuk, simak ulasan detail penting tentang Samsung M12 berikut ini.

Desain Modern dan Kekinian
Meskipun ditujukan untuk kelas menengah ke bawah, Samsung M12 tidak terlihat memalukan dari segi desain. Ponsel ini justru memiliki desain menarik pada bodi belakang karena adanya finishing metalik serta pola yang bergaris. Pola garis tersebut akan terlihat bergerak seperti hologram saat ponsel terpapar cahaya.

Walaupun sedikit tebal dan berat, lekukan pada sisi-sisinya membuat ponsel terasa nyaman saat digenggam. Tombol power dan volume bisa ditemukan pada sisi kiri ponsel. Keduanya tidak menonjol seperti pada bodi ponsel umumnya sehingga tidak mengganggu. Pada tombol power juga sekaligus disematkan sensor pemindai sidik jari untuk mengakses perangkat.

Kamera Memadai untuk Sehari-hari
Pembahasan selanjutnya pada segi kemampuan merekam momen, baik melalui foto maupun video. Ponsel ini dibekali dengan 4 kamera belakang, yaitu kamera utama 48 MP, kamera ultra wide 5 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth 2 MP. Sementara itu, pada bagian depan ada kamera selfie dengan resolusi 8 MP.

Dengan spesifikasi tersebut, kamera Samsung M12 terbilang cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari. Hasilnya akan terlihat lebih bagus dan tanpa noise dengan pencahayaan yang baik. Namun, sebaiknya hindari memotret dengan Samsung M12 pada malam hari karena perangkat ini tidak dilengkapi dengan Night Mode.

Meskipun tidak fantastis seperti ponsel lain, kamera Samsung M12 juga dilengkapi dengan sejumlah fitur. Tersedia beberapa mode utama yang bisa membuat kamera beroperasi dengan lebih baik.

Memiliki Sejumlah Fitur
Tidak perlu khawatir, Samsung M12 akan memanjakan Anda dengan sejumlah fitur yang tersedia. Beberapa di antaranya adalah Game Launcher, Dual Messenger, serta One-handed Mode. Selain itu, Anda juga bisa menurunkan bar notifikasi dengan melakukan swipe di bagian sensor sidik jari. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Fitur lainnya adalah dark mode otomatis yang akan membuat ponsel lebih nyaman digunakan dalam kondisi gelap. Anda juga bisa mengaktifkan accelerometer yaitu pendeteksi dan pengukur getaran. Fitur sensor proximity bisa dimanfaatkan untuk melindungi ponsel dari sentuhan tak disengaja.

Baterai Tahan Lama
Anda juga bisa merasa lebih lega karena baterai yang digunakan Samsung M12, seperti Galaxy M-series lainnya dikenal juara. Baterai dengan kapasitas 5.000 mAh diklaim dapat bertahan hingga 1,5 hari dengan penggunaan normal. Kemampuan ini tentu tidak bisa diremehkan.

Bagi Anda yang lebih sering berada di luar rumah dan menggunakan ponsel dengan aktif, pertimbangan ketahanan daya ponsel sangat penting. Agar kegiatan tetap berjalan lancar, pastikan Anda memilih perangkat dengan daya yang tidak cepat habis.

Bukan hanya itu, kemampuan fast charging pun sangat bermanfaat. Samsung M12 sendiri dilengkapi dengan fast charging 12 watt. Untuk mengisi daya hingga 54%, ponsel ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Satu jam berikutnya, daya baterai ponsel baru akan terisi penuh.

Ada Pilihan Ruang Penyimpanan
Samsung M12 juga menyediakan ruang penyimpanan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Saat ini, tersedia dua pilihan untuk Anda yaitu RAM 3 GB dengan kapasitas penyimpanan internal 32 GB dan RAM 4 GB dengan kapasitas penyimpanan internal 64 GB.

Jika masih kurang, Anda bisa menggunakan kartu microSD pada slot yang tersedia. Hal ini bisa disesuaikan dengan data yang ingin disimpan. Hal ini juga didukung dengan teknologi eMMC 5.1 yang membuat kecepatan penyimpanan data para perangkat akan lebih optimal.

Kualitas Layar Istimewa
Bagian layar ponsel merupakan bagian yang tak kalah penting. Bagian ini berperan pula dalam menciptakan kesan nyaman selama penggunaan perangkat. Untuk Samsung M12, desain kamera depan masih menggunakan pola waterdrop atau Infinity-V display. Namun, panelnya sudah menggunakan PLS IPS sehingga viewing-angle tidak sempit.

Keunggulan layar Samsung M12 justru terletak pada refresh rate 90Hz. Kemampuan ini membuat layar ponsel terlihat jernih dan menawarkan kesan premium. Bagaimana tidak, fitur tersebut biasanya dipasang pada beberapa ponsel flagship. Dengan harga 1 jutaan, kemampuan Samsung M12 ini bisa dikatakan cukup istimewa.

Harga Sangat Terjangkau
Seperti telah disebutkan, Samsung M12 dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Faktor harga ini tentu sangat berpengaruh bagi Anda yang ingin membeli ponsel. Apalagi karena fitur dan kualitasnya tidak kalah bersaing dengan ponsel lain yang lebih mahal.

Inilah sejumlah fakta menarik tentang Samsung M12 yang perlu Anda ketahui. Ada sejumlah keunggulan pada perangkat yang bisa dinikmati, terutama untuk kebutuhan penggunaan setiap hari. Nah, setelah mencermati spesifikasinya secara detail, apakah Samsung M12 telah memenuhi kebutuhan Anda?

KEYWORD :

Ponsel Murah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :