Rabu, 24/04/2024 04:52 WIB

Menteri KKP Trenggono Blusukan ke Pulau Lusi alias Lumpur Sidoarjo di Dusun Tlocor

Kelola Pulau Lusi agar pemanfaatannya lebih optimal.

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, saat blusukan ke Pulau Lusi (Lumpur Sidoarjo), Jawa Timur, Selasa (19/10/2021)

Sidoarjo, Jurnas.com - Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono ditemani Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak meninjau Pulau Lusi (Lumpur Sidoarjo) di Dusun Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (19/10/2021).

Pulau Lusi terbentuk dari endapan lumpur yang berasal dari bencana semburan lumpur panas yang terjadi di Porong, Sidoarjo.

"Selama hampir 12 tahun lumpur yang meluap dibuang ke Sungai Porong, lalu aliran sungai menghantarkan lumpur yang kemudian membentuk pulau baru," jelas Wahyu Trenggono, dalam akun twitternya, Rabu (20/10/2021).

Pada kesempatan itu, Menteri Trenggono menekankan pentingnya kolaborasi yang solid antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan pemerintah daerah (Pemda) Sidoarjo serta masyarakat lokal untuk mengelola Pulau Lumpur Sidoarjo (Pulau Lusi) agar pemanfaatannya dapat lebih optimal.

"Dengan adanya kolaborasi yang solid antara pemerintah pusat dan daerah, maka manfaat yang dapat dirasakan untuk masyarakat bisa lebih luas lagi," tegas Sakti Wahyu Trenggono, Menteri KKP yang juga mantan Wamen Kementerian Pertahanan RI.

KEYWORD :

Pulau Lusi Lumpur Sidoarjo Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :