Jum'at, 26/04/2024 01:02 WIB

Ini Usia Ideal yang Aman dan Sehat Punya Keturunan

Melahirkan di bawah usia 21 tahun berisiko membahayakan kesehatan dan keselamatan nyawa perempuan. 

Biro Umum dan Humas BKKBN, Putut Riyanto, Bogor, Selasa 19 Oktober 2021. Foto; Supianto/Jurnas.com

BOGOR, Jurnas.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengatakan, waktu paling ideal bagi pasangan usia subur (PUS), yang ingin mempunyai keturunan adalah usia 21 hingga 35 tahun. 

Demikian kata Biro Umum dan Humas BKKBN, Putut Riyanto, pada acara Penetapan Pengurus Forum Jurnalis Bangga Kencana dan Sosialisasi Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Bogor, Selasa (19/10).

"Hamil dan melahirkan sehat itu bukan ranah saya. Namun, semua ahli kesehatan mengatakan waktu ideal melahirkan adalah usia 21 hingga 35 tahun. Nikahnya nggak apa-apa usia 19 atau 20 tahun, tapi melahirkan usia 21 tahun aja," ujarnya.

Lebih lanjut, Putut menjelaskan, melahirkan di bawah usia 21 tahun berisiko membahayakan kesehatan dan keselamatan nyawa perempuan. Sebab, secara fisik, tulang panggul dan rahim perempuan masih memasuki masa pertumbuhan.

"Ketika dia hamil dipaksa melahirkan maka di sinilah tejadi risiko-risiko, seperti pendarahan, dan bayi bisa lahir cacat. Bahayanya lagi kalau pendarahan hebat itu bisa menyebabkan kematian," kata Putut.

"Dari sisi mental, apakah anak-anak yang baru tamat SMA harus menggentong bayi? Sementara dia sebenarnya masih kepengin main dengan teman-temannya di luar sana. Belum lagi risiko perceraian di usia muda," sambungnya.

Putut mengatakan, melahirkan di atas 35 tahun juga berisko rentan terkena penyakit seperti darah tinggi atau diabetes. "Kalau melahirkan di usia di atas 35 tahun ibunya yang banyak berisiko karena penyakit bawaan," katanya.

Dia menambahakn, bagi ibu yang ingin melahirkan di atas usia 35 tahun, akan membutuhkan pemeriksaan intensif yang dilakukan oleh dokter dan bidan untuk menentukan apakah ibu dapat melahirkan secara normal atau caesar.

KEYWORD :

Usia Ideal Melahirkan BKKBN Perempuan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :