Sabtu, 20/04/2024 05:06 WIB

Event

Rifat Sungkar Bersaing Ketat dengan H Samsudin di Final IXOR 2016

Offroader andalan Pertamax Motorsport Speed Offroad Team, Rifat Sungkar, bersaing ketat dengan H Samsudin di putaran final Indonesia Open Championship X-Offroad Racing 2016.

Pertamax Motorsport team 2016 / Pertamina

Banjarbaru - Offroader andalan Pertamax Motorsport Speed Offroad Team, Rifat Sungkar, bersaing ketat dengan H Samsudin di putaran final Indonesia Open Championship X-Offroad Racing (IXOR) 2016.

Pada putaran pertama perlombaan yang diadakan di Sirkuit Citra Mitra City, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (26/11), Rifat mendapat perlawanan cukup sengit dari H Samsudin, di dua special stage (SS) yang diperlombakan di grup paling bergengsi Free for All (FFA).

Kedua offroader papan atas tersebut berusaha saling menyalip sejak SS pertama. Sebelumnya Rifat sempat memimpin di heat awal, namun di beberapa tikungan sempat kehilangan waktu untuk bisa memimpin grup FFA. H Samsudin yang lebih akrab disapa H Sam akhirnya memanfaatkan hal tersebut dan mampu mengalahkan Rifat di SS pertama dengan selisih waktu 3,746 detik.

“Landasan dari lintasan di Sirkuit Banjarbaru ini memiliki karakter keras dan kering, sehingga banyak menghasilkan ball bearing berbentuk butiran-butiran yang justru malah menyebabkan lintasan menjadi sangat licin,” ujar Rifat saat ditemui usai perlombaan.

Pada SS Kedua, Rifat dan tim melakukan strategi ulang dan penyempurnaan setting mobil tunggangannya, Mitsubishi Triton. Didampingi navigator M Redwan akhirnya Rifat mampu membalikkan keadaan dan bisa merajai SS kedua dengan catatan waktu 3 menit 25,059 detik. Dan hasil tersebut membuat perlawanan H Sam bersama co-driver, Michael M, finis di urutan kedua dengan torehan waktu 3 menit, 28,661 detik.

“Secara hasil, memang saya berhasil mendekat dan menempel H Sam. Di SS kedua, saya bisa fight back. Namun, saya tidak puas begitu saja karena memang ada perbedaan tenaga yang cukup signifikan antar kedua mobil yang kami gunakan. Jadi, saya harus tetap waspada untuk menghadapi persaingan esok yang akan berjalan lebih panjang dibandingkan hari ini,” jelas Rifat.

Sementara itu, offroader Pertamax Motorsport Speed Offroad Team lainnya, yaitu Rizal Sungkar, yang juga Adik dari Rifat Sungkar, menorehkan hasil positif di hari pertama putaran final IXOR 2016. Rizal yang tampil dengan navigator Anthony Sarwono berhasil menempati posisi keempat di klasemen overall sementara grup FFA. [yog]

KEYWORD :

Rifat Sungkar Indonesia eXtreme Offroad Racing IXOR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :