Rabu, 24/04/2024 05:13 WIB

Wow! Ilmuwan Ciptakan Kopi Tiruan dari Kultur Sel

Dengan perubahan iklim yang mengancam pertanian kopi tradisional, ilmuwan Finlandia mengklaim telah menghasilkan kopi dari kultur sel, dengan aroma dan rasa yang menyerupai aslinya.

Segelas kopi (Foto: Muti/Jurnas.com)

Helsinki, Jurnas.com - Dengan perubahan iklim yang mengancam pertanian kopi tradisional, ilmuwan Finlandia mengklaim telah menghasilkan kopi dari kultur sel, dengan aroma dan rasa yang menyerupai aslinya.

Pusat Penelitian Teknis VTT Finlandia menemukan alternatif yang lebih berkelanjutan, untuk menanam biji kopi dengan kultur sel mengambang di bio-reaktor, dan diisi dengan media nutrisi untuk membuat berbagai produk hewani dan nabati.

Heikki Aisala, peneliti VTT yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi proses tersebut, mengatakan bahwa cangkir kopi seluler mungkin belum dapat lulus uji rasa standar, tetapi memiliki banyak potensi untuk industri global bernilai miliaran dolar.

"Tentu saja tidak mirip 100 persen. Rasanya seperti kombinasi dari berbagai jenis kopi. Kami belum ada dengan varietas komersial, tetapi yang pasti menyerupai kopi saat ini," kata Aisala.

Ketua Tim Peneliti VTT Heiko Rischer mengatakan, kultur sel yang ditanam di laboratorium menawarkan cara yang lebih berkelanjutan untuk membuat kopi, mengingat karena permintaan yang tinggi, negara-negara mencurahkan lebih banyak lahan untuk menanam biji kopi, yang menyebabkan deforestasi.

Rischer menyebut manfaat lingkungan dari kopi yang ditanam di laboratorium, dapat mengurangi penggunaan pestisida dan pupuk, serta mengurangi pengiriman biji kopi jarak jauh.

Di Eropa, kopi yang ditanam di laboratorium perlu disetujui sebagai "Makanan Baru" saat ini belum dipasarkan. Tapi apakah pecinta kopi akan tetap meminumnya?

KEYWORD :

Kopi Tiruan Kultur Sel Ilmuwan Finlandia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :