Rabu, 17/04/2024 06:26 WIB

Pemuda Milenial Indonesia adalah Pelopor Masyarakat Digital

Memberikan akses internet ke daerah-daerah terpencil 

Webinar bertajuk Milenial dan Masyarakat Digital digelar DPR dan Kemenkominfo, Sabtu (9/10/2021)

Jakarta, Jurnas.com - Kalangan generasi muda milenial memiliki peran strategis sebagai pelopor masyarakat digital di Indonesia. Hal ini dilihat dari mayoritas generasi Y atau milenial yang paling mendominasi sebagai pengguna media sosial dari total penduduk yang ada di Indonesia.

Demikian salah satu kesimpulan dari hasil webinar bertajuk Milenial dan Masyarakat Digital yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta, Sabtu (9/10/2021).

Acara itu diikuti 150 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek melalui zoom. Menghadirkan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid sebagai keynote speaker, serta Dosen Vokasi UI, Dr Devie Rahmawati dan Presenter yang juga Puteri Indonesia 2008, Zivanna Letisha sebagai narasumber.

Meutya Hafid menjelaskan, Komisi I DPR mendorong pemerintah, dalam hal ini Kemenominfo, untuk mempercepat infrastuktur digital guna memberikan akses internet ke daerah-daerah terpencil sehingga masyarakat mempunyai akses yang lebih besar terhadap perkembangan informasi dan teknologi.

Sementara itu, dosen vokasi UI, Devie Rahmawati mengatakan ada budaya digital yang kini menjangkiti masyarakat sebagai sebuah budaya baru yang bertolak belakang dengan budaya yang selama ini ada di kehidupan sehari-hari. 

Karakteristik masyarakat masa kini ialah sangat banyak menerima informasi. Jika dulu untuk melakukan riset saja harus pergi ke berbagai kampus dan dicatat semua informasi yang didapat. 

"Sekarang informasi, istilahnya tumpah ke kita malah yang akhirnya jadi masalah. Semakin lemah budaya kurasi, kita tidak tahu mana yang benar, bingung karena semua informasi kita dapatkan," kata Devie.

Di tempat yang sama, Presenter yang juga Puteri Indonesia 2008, Zivanna Letisha dalam paparannya mengatakan di tengah pandemi Covid-19 saja, Zivanna kerap melakukan pertemuan secara virtual dengan para peserta kelasnya.

"Para peserta kelas yang diadakan oleh `Kita Juara` pun cukup beragam karena berasal dari berbagai pulau di Indonesia," ujarnya.

Menurut Zivanna, kelas virtual dan online coaching yang diadakan oleh Kita Juara bisa dari Sabang sampai Merauke. Ada banyak orang yang masih memerlukan pembelajaran terkait komunikasi dan pengembangan diri. 

"Pembahasan yang dilakukan di Kita Juara memang cukup beragam, terutama mengenai komunikasi dan skill terkait pengembangan diri yang tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari," ujarnya.

KEYWORD :

Meutya Hafid Golkar Ketua Komisi I DPR Kemkominfo infrastruktur digital milenial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :