Sabtu, 20/04/2024 15:58 WIB

Berdalih Latihan Militer, AS Kirim Pasukan Khusus ke Taiwan

Sejumlah kecil pasukan operasi khusus Amerika Serikat (AS) dikirim ke Taiwan. Washington berdalih pengiriman ini dalam rangka latihan militer dengan pasukan Taiwan.

Ilustrasi tentara AS (Foto: Doknet)

Washington, Jurnas.com - Sejumlah kecil pasukan operasi khusus Amerika Serikat (AS) dikirim ke Taiwan. Washington berdalih pengiriman ini dalam rangka latihan militer dengan pasukan Taiwan.

Pentagon, yang secara historis belum mengungkapkan perincian tentang pelatihan AS atau memberi nasihat kepada pasukan Taiwan, tidak secara khusus mengomentari atau mengkonfirmasi pengerahan itu.

"Saya tidak memiliki komentar tentang operasi, keterlibatan, atau pelatihan tertentu, tetapi saya ingin menyoroti bahwa dukungan kami dan hubungan pertahanan dengan Taiwan tetap selaras terhadap ancaman saat ini yang ditimbulkan oleh Republik Rakyat China," kata juru bicara Pentagon, John Supel dikutip dari Reuters pada Jumat (8/10).

Kementerian Pertahanan Taiwan menolak berkomentar, hanya mengatakan bahwa "semua pertukaran militer dilakukan sesuai dengan rencana tahunan".

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan bahwa Amerika Serikat harus menghentikan hubungan militer dan penjualan senjata ke Taiwan, guna menghindari kerusakan hubungan bilateral.

"Pihak AS harus sepenuhnya menyadari sensitivitas besar dari masalah Taiwan," terang Zhao dalam pengarahan harian reguler.

"China akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi kedaulatan dan integritas teritorialnya," sambung dia.

Diketahui, China memandang Taiwan sebagai wilayah yang memberontak, sehingga tidak mengesampingkan untuk mengambil pulau itu dengan paksa. Sedangkan Taiwan mengklaim sebagai negara merdeka dan akan mempertahankan demokrasi dan kebebasannya.

KEYWORD :

Taiwan Pasukan Khusus Amerika Serikat Latihan Militer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :