Jum'at, 19/04/2024 15:23 WIB

Kemenhub Selenggarakan Pekan Keselamatan Jalan 2021

Penyelenggaraan dan peresmian UPPKB Kintap merupakan upaya Kemenhub untuk mengendalikan operasional angkutan barang dari segi muatan dan dimensi di provinsi Kalimantan Selatan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2021 dengan tema Koalisi Teman Sejati (Selamat Di Jalan Dan Hati-Hati) yang berlokasi di Terminal Tipe A Gambut Barakat, Banjar, Kalimantan Selatan, pada Kamis (7/10).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi berharap pelaksanaan kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif secara langsung maupun tidak langsung kepada publik tentang pentingnya arti keselamatan dan bagaimana cara berlalu lintas.

"Kegiatan itu diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan tingkat fatalitas akibat terjadinya kecelakaan," kata Budi Setiyadi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dikatakannya, sektor transportasi mempunyai peran penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan transportasi masyarakat dapat melakukan pergerakan barang maupun konektivitas antar wilayah.

Maka dari itu bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XV Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan kampanye Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2021.

Budi menjelaskan, dalam kegiatan tersebut terdapat 4 kegiatan pokok yang telah dilaksanakan, yaitu peresmian infrastruktur perhubungan berupa Gedung Operasional UPPKB Kintap, pembukaan acara Pekan Keselamatan Jalan Tahun 2021, pemotongan truk Over Dimension Over Loading (ODOL), dan vaksinasi gratis.

“Sesuai Resolusi PBB No. A/RES/60/5 Tanggal 26 Oktober 2006 mengenai Improving Global Road Safety dimana UNESCAP bekerja sama dengan WHO untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan kegiatan The First United Nation Global Road Safety Week in Asia and The Pasific Region yang telah dilakukan pada 23-29 April 2007.

"Disebutkan bahwa kegiatan tersebut dititikberatkan kepada para generasi muda pengguna jalan mengingat bahwa generasi muda pengguna jalan merupakan kelompok beresiko tinggi terhadap kecelakaan lalu lintas,” ujar Budi.

Budi menambahkan, salah satu kegiatan yang menjadi perhatian pada kegiatan ini adalah Over Dimension dan Over Loading (ODOL) yang banyak menyebabkan meningkatnya biaya perbaikan jalan serta faktor dari kecelakaan lalu lintas dan terhambatnya pengiriman logistik, sehingga berdampak pada perekonomian nasional.

Menurut dia, Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) hadir sebagai tempat terselenggaranya pelaksanaan penimbangan kendaraan bermotor.

Penyelenggaraan dan peresmian UPPKB Kintap merupakan upaya Kemenhub untuk mengendalikan operasional angkutan barang dari segi muatan dan dimensi di provinsi Kalimantan Selatan.

“Harapan kita semua, keberlangsungan UPPKB Kintap dapat mengurangi tingkat kerusakan jalan dan meningkatkan berbagai aspek maupun pengendalian keselamatan lalu lintas dengan berbagai upaya seperti penilangan kendaraan, transfer muatan, dan penandaan pilok kendaraan yang over dimensi agar dilakukan pemotongan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan Rusdiansyah mengatakan bahwa pemerintah Kalimantan Selatan ikut serta dalam memerangi kendaraan barang yang ODOL dengan tujuan Zero ODOL 2023.

Seiring dengan kegiatan PNKJ 2021, ia mengingatkan dan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk membudayakan tertib lalu lintas.

“Hari ini kita meresmikan UPPKB Kintap sebagai sarana kita untuk mengendalikan muatan kendaraan bermotor sesuai dengan kapasitas yang ditentukan. Sarana ini merupakan salah satu upaya untuk memelihara ruas jalan di Kalimantan Selatan agar tidak cepat mengalami kerusakan. Jangan sampai terjadi pungli atau pelanggaran lainnya yang sudah ditentukan oleh aturan UPPKB,” kata Rusdiansyah.

Sebagai akhir dari rangkaian kegiatan, BPTD wilayah XV provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Kadin Kabupaten Banjar menggelar vaksinasi gratis sebanyak 500 vaksin, di mana 50 diantaranya sudah dilakukan pada puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional kepada insan transportasi di Terminal Tipe A Gambut Barakat.

KEYWORD :

Budi Setiyadi Keselamatan Jalan Kecelakaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :