Kamis, 25/04/2024 11:20 WIB

Kendaraan Niaga

Ketika Nissan Navara Menembus Ganasnya Gurun Sahara

Kendaraan kabin ganda, Nissan Navara, baru saja membuktikan ketangguhannya menembus medan yang cukup ganas di Gurun Sahara, Maroko, Afrika Utara.

Nissan Navara Gurun Sahara / Nissan

Maroko – Kendaraan kabin ganda, Nissan Navara, baru saja membuktikan ketangguhannya menembus medan yang cukup ganas di Gurun Sahara, Maroko, Afrika Utara.

Mobil yang juga dipasarkan di Indonesia ini akhirnya mampu melewati beragam tantangan terberat dengan kondisi jalanan berpasir.

“Sejak meluncur di Indonesia pada tahun 2015 lalu, Nissan Navara telah berhasil melewati beragam pengujian, mulai dari merambah Aceh dengan kawasan Leuser-nya yang liar, menanjak di Gunung Tambora, menjelajah Gunung Sibayak dan 50 gunung lainnya di Indonesia,” kata Hana Maharani, Head of Communication NMI, dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

Menurut Hana, mencicipi trek off-road dengan sensasi padang pasir di Gurun Sahara, Maroko, adalah yang paling menantang karena kontur gunung pasirnya berbeda dengan yang dilewati selama ini.

“Cuaca yang ekstrem tidak hanya menguji kendaraan tetapi juga manusia yang mengemudikannya. Paduan tenaga mesin yang mumpuni, kecanggihan five-link rear suspension, Hill Start Assist, Hill Descent Control dan teknologi penunjang kenyamanan dan keamanan lainnya yang disematkan, menasbihkan Navara sebagai pick-up tough dan smart yang sanggup atasi keganasan Sahara”.

Dalam uji kemudi di Gurun Sahara tersebut, para peserta menggunakan varian Nissan Navara spesifikasi Eropa, yang bermesin diesel 2.3L versi 160 PS single-turbo dan 190 PS twin turbo.

Perjalanan dimulai dengan melakukan warming lap, yang dilanjutkan dengan long lap secara berkelompok. Adapun total perjalanan yang ditempuh Nissan Navara adalah sejauh 182 kilometer dengan menempuh waktu selama 5 jam.

Pebalap Paris-Dakar Rally, Ramon Vila, yang turut menguji Nissan Navara tersebut, mengungkapkan, dari semua jenis kendaraan 4x4 yang dijajalnya di gurun pasir, performa Navara adalah yang terbaik.

Kunci keunggulan Navara mengatasi tantangan Sahara, salah satunya pada fitur Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA) yang menambah percaya diri pengemudi saat melewati gunung-gunung pasir di Sahara.

Tak hanya itu saja, dukungan electronic locking rear differential, Shift on-the-fly four wheel drive dan all-new five-link rear suspension system, menjadikan handling makin mumpuni.

Sebagai informasi, Nissan Navara merupakan pick-up di jajaran kendaraan komersial Nissan (light commercial vehicle). Saat ini, Nissan Navara dipasarkan di lebih dari 100 negara di dunia.

Di Indonesia sendiri, Nissan Navara tercatat memimpin 40% pangsa pasar di segmen kabin ganda pada akhir tahun fiskal 2015 lalu. [yog]

KEYWORD :

Nissan Nissan Navara NMI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :