Jum'at, 19/04/2024 15:51 WIB

Herman Herry Imbau Komnas HAM Melihat Persoalan sebagai Negarawan

Komisi III DPR mengimbau Komnas HAM untuk dapat melihat setiap persoalan atau kasus yang sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat dengan visi misi sebagai negarawan.

Ketua Komisi III DPR, Herman Herry

Jakarta, Jurnas.com - Komisi III DPR mengimbau Komnas HAM untuk dapat melihat setiap persoalan atau kasus yang sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat dengan visi misi sebagai negarawan. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya polemik atau kegaduhan baru.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPR, Herman Herry, saat rapat dengar pendapat dengan Komnas HAM dan Komnas Perempuan, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/10).

Politikus PDI Perjuangan itu mangatakan, tugas Komnas HAM adalah berkaitan dengan iklim situasi demokrasi yang sedang terjadi saat ini di tanah air. Sehingga, jangan sampai setiap gesekan yang terjadi dalam aspek kehidupan sehari-hari masyarakat dipolitisasi dan dibawa ke kasus HAM.

"Di sini tentu saya mengimbau Komnas HAM melihat segala persoalan dengan visi misi sebagai negarawan, manfaatnya apa dan mudaratnya apa. Kalau ditanya apapun gesekannya semuanya akan diangkat ke HAM. Kalau semuanya dibawa ke HAM, negara ini akan gaduh. Sehingga perlu kita saling mengingatkan," kata Herman.

Oleh sebab itu, Herman mengingatkan, Komnas HAM dan Komnas Perempuan untuk lebih hati-hati dalam menanggapi setiap isu yang sedang berkembang. Menurutnya, prinsip kehati-hatian tersebut juga diterapkan oleh Komisi III DPR dalam menanggapi setiap isu yang menjadi perhatian publik.

"Saya dan kawan-kawan di Komisi III ini punya satu prinsip bahwa kita mengelola tugas dan fungsi kita dengan rasa-rasa dan prinsip negarawan," tutur Herman.

Lalu, Herman menjelaskan, dalam sejumlah kasus yang berkolerasi dengan tugas fungsi sebagai wakil rakyat, Komisi III DPR akan sangat berhati-hati dalam menyampaikan statement atau pendapat. Sebab, lanjut Herman, statement politik yang disampaikan anggota Komisi III DPR belum tentu tujuannya jadi baik, malah bisa jadi memunculkan kegaduhan baru.

"Kami saja yang politisi sangat berhati-hati dalam mengeluarkan statement terkait kasus-kasus yang ada di masyarakat. Oleh sebab itu saya mengimbau Komnas HAM, tolong jangan main-main dengan statement. Semua kita ini bermitra, tugas kita bergandengan tangan, kita bekerja untuk bangsa Indonesia, untuk negara ini, untuk kemaslahatan banyak orang," kata Herman.

KEYWORD :

Herman Herry Ketua Komisi III DPR Anggaran Komnas Perempuan Komnas HAM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :