Rabu, 24/04/2024 18:41 WIB

Said Iqbal Mau Bentuk Partai Buruh, Gerindra: Selamat Berjuang

Nah oleh karena itu sekali lagi kami sampaikan aspirasi atas apresiasi kepada temen-temen pekerja, teman-teman buruh dan saya ucapkan selamat berjuang untuk menempuh jalan demokrasi.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyambut baik keinginan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal membangkitkan kembali Partai Buruh.

Menurut dia, dalam demokrasi, sah-sah saja apabila buruh menyalurkan aspirasi di parlemen.

“Nah, oleh karena itu adanya partai buruh ini sangat bagus supaya aspirasi para buruh yang mereka perjuangkan itu kemudian bisa diperjuangkan semaksimal mungkin dari mulai menyampaikan aspirasi sampai dengan membentuk ataupun merevisi UU,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (4/10).

“Nah oleh karena itu sekali lagi kami sampaikan aspirasi atas apresiasi kepada temen-temen pekerja, teman-teman buruh dan saya ucapkan selamat berjuang untuk menempuh jalan demokrasi,” sambung Wakil Ketua DPR RI ini.

Kendati begitu, Dasco kembali mengingatkan para buruh untuk mengikuti mekanisme demokrasi yang nantinya akan menentukan apakah partai tersebut bisa tampil di parlemen.

“Ya, kalau mereka mengikuti mekanisme demokrasi tentunya rakyat yang akan menentukan apakah memang kemudian partai ini bisa ada tempat di parlemen atau tidak ya tergantung juga dari temen-temen partai buruh ini, kemudian untuk mengambil hati rakyat Indonesia,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, sejumlah organisasi serikat pekerja akan membangkitkan kembali Partai Buruh. Bahkan, Partai Buruh berencana menjadi peserta Pemilu 2024 dan bersaing dengan partai politik lainnya. 

"Bila Tuhan berkehendak kami lolos verifikasi KPU (Komisi Pemilihan Umum) tentu kami ikut terlibat dalam proses demokrasi tersebut pada tahun 2024 Pemilu di Indonesia," kata Said dalam konferensi pers daring, Minggu (3/10). 

Menurut Said, Partai Buruh kali ini berbeda dengan Partai Buruh lama yang sudah beberapa kali mengikuti pemilihan umum. Ia menyebutkan, Partai Buruh lama hanya didukung oleh satu serikat buruh yakni Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI). 

Sementara itu, Partai Buruh baru setidaknya didukung oleh 11 organisasi serikat pekerja di antaranya para pendiri Partai Buruh lama, KSBSI, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Organisasi Rakyat Indonesia (ORI), dan KSPI. Lalu, Serikat Petani Indonesia (SPI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan (FSPKEP), Federasi Serikat Pekerja Farmasi Kesehatan (FSB Farkes), Forum Pendidik Tenaga Honorer dan Swasta Indonesia (FPTHSI), serta Gerakan Perempuan Indonesia (GPI). 

"Partai Buruh ini juga diinisiasi dan dibangkitkan kembali oleh 50 federasi serikat pekerja tingkat nasional," ujar Said.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Sufmi Dasco Ahmad Gerindra Partai Buruh Said Iqbal Demokrasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :