Rabu, 24/04/2024 17:04 WIB

AS Adili Pengisi Suara Video Propaganda ISIS

Pria kelahiran Saudi itu dituduh sebagai pemilik

Kelompok ISIS (Foto: Doknet)

New York, Jurnas.com - Pengadilan Amerika Serikat (AS) akan memulai proses persidangan terhadap Mohammed Khalifa, warga Kanada yang diduga mengisi suara dalam berbagai video propaganda kelompok ISIS.

Pria kelahiran Saudi itu dituduh sebagai pemilik "suara di balik kekerasan", dengan memberikan narasi bahasa Inggris di sekitar 15 video.

Sebagian besar video mengajak masyarakat untuk bergabung dengan ISIS, sementara beberapa di antaranya menunjukkan "eksekusi brutal" terhadap tahanan dan sandera. Jika terbukti bersalah, pria berusia 38 tahun itu bisa menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

Khalifa akan muncul di hadapan pengadilan AS minggu depan dengan tuduhan memberikan dukungan material kepada organisasi teroris, yang mengakibatkan kematian. Dia menyangkal tuduhan itu.

Jaksa mengatakan dia juga seorang pejuang ISIS, dan sesaat sebelum ditangkap, dia melemparkan granat ke pasukan lawan.

"Melalui dugaan peran utamanya dalam menerjemahkan, meriwayatkan, dan memajukan propaganda online ISIS, Khalifa mempromosikan kelompok teroris," demikian pernyataan pengadilan Distrik Timur Virginia dikutip dari Reuters pada Minggu (3/10).

Di antara video tersebut adalah dua produksi ISIS yang oleh departemen kehakiman AS digambarkan sebagai video "paling berpengaruh dan sangat kejam", yang mempromosikan kekerasan terhadap warga asing, menunjukkan berbagai serangan ISIS, dan kematian tahanan tak bersenjata.

Video lain termasuk rekaman suara Omar Mateen, yang membunuh 49 orang dalam serangan Pulse Nightclub di Florida pada 2016, bersumpah setia kepada ISIS.

Khalifa meninggalkan Kanada pada 2013 untuk bergabung dengan ISIS di Suriah di mana ia menjadi anggota kunci dari tim propaganda kelompok itu, kata departemen kehakiman AS.

Dia diduga menjabat di sejumlah peran penting sebelum menjadi penerjemah utamanya karena kemampuan bahasa Inggris dan Arabnya.

Dengan menerjemahkan video ke dalam bahasa Inggris, ia memainkan peran integral dalam perekrutan dan radikalisasi orang Barat yang menyebabkan kematian banyak orang di tangan ISIS, kata jaksa.

KEYWORD :

Mohammed Khalifa Pengisi Suara ISIS Kelompok Teror Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :