Kamis, 25/04/2024 06:40 WIB

Presiden Jokowi Dorong Untar Terus Perkuat Kolaborasi dengan DUDI

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi dalam peringatan Dies Natalis Untar ke-62, yang digelar secara hybrid (daring dan luring), pada Jumat (1/10) pagi.

Presiden RI Joko Widodo (Foto: Youtube)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Joko Widodo mendorong Universitas Tarumanagara (Untar) terus memperkuat kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), guna melahirkan alumni yang memiliki jiwa enterpreneurship.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi dalam peringatan Dies Natalis Untar ke-62, yang digelar secara hybrid (daring dan luring), pada Jumat (1/10) pagi.

Presiden mengapresiasi Untar karena telah melahirkan lebih dari 100.000 alumni yang berkarya di berbagai bidang, di dalam dan luar negeri.

Ini menjadi kekuatan besar yang mendorong lahirnya enterpreneur di berbagai daerah, dan membantu menciptakan lapangan kerja baru yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan capaian seperti itu, Untar harus unggul dan terdepan dalam pengembangan enterpreneurship, dengan memperkuat kolaborasi dengan dunia industri, ciptakan lebih banyak peluang agar dapat kontribusi yang lebih besar pada kesejahteraan masyarakat, dan bagi kemajuan Indonesia," kata Presiden.

Presiden menambahkan, selama 62 tahun berkarya, Untar telah berkontribusi bagi kemajuan sumber daya manusia (SDM) bangsa, dengan memegang teguh nilai-nilai keutamaan dalam mendidik mahasiswa menjadi pribadi yang berintegritas dan profesional.

"(Juga) memiliki jiwa enterpreneurship agar mampu membangun usaha mandiri yang inovatif dan berdaya saing," ujar Presiden Jokowi.

Rektor Universitas Tarumanagara, Agustinus Purna Irawan, menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik, terutama untuk mencetak SDM unggul.

Untar, lanjut Agustinus, juga terus berupaya menciptakan pekerjaan dan banyak usaha, sehingga bisa meningkatkan kemampuan untuk membuka lapangan kerja baru.

"Tentunya dalam hal ini inovasi dan kreativitas, karena di perguruan tinggi tempatnya mengembangkan inovasi. Sehingga secara teknologi, kebijakan, dan keilmuan bisa diimplementasikan di masyarakat," terang Agustinus.

Dikatakan pula, Universitas Tarumanagara fokus pada enterpreneurship guna mendukung pemerintah dalam pengembangan UMKM, usaha produktif, dan pemberdayaan masyarakat.

KEYWORD :

Universitas Tarumanagara Presiden Jokowi Joko Widodo Kolaborasi Industri Agustinus Purna Irawan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :