Selasa, 23/04/2024 13:25 WIB

Adik Kim Jong Un Dapat Posisi Penting di Pemerintahan Korut

Kim Yo Jong, penasihat kunci saudara laki-lakinya, dipromosikan ke posisi di Komisi Urusan Negara (SAC), di tengah serangkaian perubahan yang disetujui oleh Majelis Rakyat Tertinggi, parlemen Korea Utara.

Kim Jong Un (kiri) dan adik perempuannya Kim Yo Jong (kanan) saat menghadiri pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 27 April 2018. POOL New via Reuters

Seoul, Jurnas.com - Saudari pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, Kim Yo Jong, resmi diangkat sebagai bagian dari badan pemerintah tertinggi negara itu.

Dikutip dari AFP, Kim Yo Jong, penasihat kunci saudara laki-lakinya, dipromosikan ke posisi di Komisi Urusan Negara (SAC), di tengah serangkaian perubahan yang disetujui oleh Majelis Rakyat Tertinggi, parlemen Korea Utara.

Tidak kurang dari sembilan anggota komisi diberhentikan, termasuk salah satu wakil presidennya, Pak Pong Ju, dan diplomat Choe Son Hui, seorang wanita senior yang langka dalam hierarki Korea Utara yang telah memainkan peran kunci dalam negosiasi dengan Amerika Serikat (AS).

Surat kabar resmi Rodong Sinmun memuat potret delapan orang yang diangkat baru pada Kamis (30/9), Kim Yo Jong menonjol di antara mereka karena masa mudanya dan sebagai satu-satunya wanita.

Dia sering terlihat dekat dengan saudara laki-lakinya, yang sama-sama menempuh pendidikan di Swiss, termasuk di pertemuan puncaknya dengan presiden AS saat itu Donald Trump dan pemimpin Korea Selatan Moon Jae-in.

Peran politiknya yang sebenarnya telah lama menjadi subyek spekulasi, seperti halnya kemungkinan bahwa suatu hari dia mungkin menggantikan saudara laki-lakinya, sebuah transisi yang akan memberi Korea Utara pemimpin wanita pertama yang konservatif secara sosial.

Dia kadang-kadang membuat kecaman pedas terhadap Washington atau Seoul dalam pernyataan yang dibawa oleh media pemerintah, terutama menjelang Utara meledakkan kantor penghubung di sisi perbatasannya yang telah dibangun dan dibayar oleh Selatan.

Posisinya yang relatif yunior sebagai wakil direktur departemen Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa memberikan deklarasi tersebut sebuah elemen ambiguitas, dan dalam beberapa kasus, dia secara khusus mengatakan dia berbicara dalam kapasitas pribadi.

Pangkat resminya telah naik dan turun dari waktu ke waktu, tetapi posisi SAC barunya sejauh ini merupakan jabatan paling senior yang pernah dipegangnya.

KEYWORD :

im Jong Un Korea Utara Kim Yo Jong




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :