Rabu, 24/04/2024 12:07 WIB

160 Relawan Nakes COVID-19 City Tour ke Sejumlah Destinasi Wisata di Jakarta

Selain perjalanan wisata, menurut Azhar, pemerintah juga akan memberikan insentif dengan jumlah berbeda-beda, sesuai dengan tugas dan profesinya masing-masing. Kemudian ada piagam penghargaan, serta bingkisan dari Dinas Parekraf DKI Jakarta.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI, Wening Tyas. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 160 relawan tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di RS Darurat COVID RS Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (29/9), menikmati city tour ke sejumlah destinasi wisata di Ibu Kota.

Perjalanan wisata dengan menggunakan bus Transjakarta dilepas Sekretaris Ditjen Kemenkes RI, Azhar Jaya di halaman RS Darurat COVID Haji Pondok Gede. Hadir dalam kegiatan ini Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Keaehatan DKI, Wening Tyas dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Sekretaris Ditjen Kemenkes RI, Azhar Jaya, mengucapkan terima kasih pada Pemprov DKI yang telah memfasilitasi kegiatan city tour bagi 160 relawan Nakes ini. Usai menikmati perjalanan wisata di Kota Jakarta mereka akan kembali ke daerahnya masing-masing dengan fasilitas transportasi dari Pemprov DKI.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan, yang telah memfasilitasi 160 relawan tenaga kesehatan COVID di RS Haji Pondok Gede untuk kembali ke daerahnya masing-masing. Sebelum kembali ke daerah, mereka diberikan kesempatan berwisata," kata Azhar.

Selain perjalanan wisata, menurut Azhar, pemerintah juga akan memberikan insentif dengan jumlah berbeda-beda, sesuai dengan tugas dan profesinya masing-masing. Kemudian ada piagam penghargaan, serta bingkisan dari Dinas Parekraf DKI Jakarta.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI, Wening Tyas menambahkan, RS Darurat COVID Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sangat berperan dalam penanggulangan COVID-19 di Jakarta. Khususnya pada Juni hingga Juli, saat angka kasus aktif berada di titik tertinggi.

Saat itu rumah sakit yang ada di Jakarta mengalami kekurangan tempat tidur bagi pasien COVID. Sehingga RS Haji Pondok Gede ini dijadikan rumah sakit darurat untuk penanganan pasien COVID-19.

"Saat kasus aktif sedang tinggi di Jakarta, Rumah Sakit Haji Pondok Gede ini hadir memberikan pelayanan masyarakat di DKI. Tentunya peran para relawan Nakes di rumah sakit darurat ini juga sangat berjasa dalam penanggulangan COVID-19," ucap Wening.

Menurutnya, di RS Haji Pondok Gede disiapkan 700 tempat tidur bagi pasien COVID. Operasional RS ini saat itu menjadi tanggungjawab RS Kanker Dharmais dan RS Jantung Jakarta. Namun tidak sampai dua tahun kasusnya menurun dan tidak semua tempat tidur di rumah sakit ini dipergunakan pasien COVID.

"Mereka berasal dari 15 provinsi di Indonesia. Mereka sangat berperan dan banyak andil dalam penanganan COVID di Jakarta," lanjut Wening.

Disebutkan, dalam city tour ini para relawan Nakes akan mengunjungi Kota Tua, Masjid Istiqlal, Hotel Katedral, Balaikota DKI dan sejumlah tempat lainnya. Mereka juga bisa menikmati moda transportasi massal berupa Bus Transjakarta dan kereta cepat MRT.

"Nantinya mereka bisa menceritakan pengalamannya pada para nakes dan masyarakat luas di luar wilayah Jakarta," pungkasnya.

KEYWORD :

Tenaga Kesehatan City Tour Insentif Jakarta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :