Sabtu, 20/04/2024 13:56 WIB

PT KAI Bangun Patung Soekarno di Semarang, Sekjen PDIP: Memperkuat Getaran Putra Sang Fajar

Soekarno-Hatta Gunakan Kereta Api ke Yogyakarta di awal kemerdekaan

Hasto Kristiyanto, Sekjen PDIP menutup Sekolah Partai tahap pertama 2020 (dok. jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Putri sulung Ir. Soekarno, Megawati Soekarnoputri, bersama keluarga, dijadwalkan hadir secara virtual dalam acara peresmian patung Proklamator RI yang dibangun oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan, patung yang dibangun itu semakin memperkuat getaran kehadiran Putra Sang Fajar di tengah-tengah masyarakat.

Harapannya, masyarakat Indonesia terus berjuang mewujudkan cita-cita pendiri bangsa, yakni Indonesia Raya yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

"Ibu Megawati akan ikut hadir dalam acara peresmian. Karena pandemi covid-19, beliau dan keluarga hadir secara daring. Ibu Megawati direncanakan memberikan sambutan," kata Hasto, Rabu (29/9/2021).

Hasto juga menyatakan seluruh jajaran DPP PDIP berterima kasih kepada PT KAI serta warga masyarakat Semarang atas dibangunnya patung Soekarno yang akan diresmikan itu. Bagi PDIP, PT KAI akan selalu menjadi bagian dari sejarah bangsa.

Sebab di masa-masa awal kemerdekaan, tepatnya 3 Januari 1946, Soekarno-Hatta melakukan perjalanan `hijrah` bersejarah ke Yogyakarta menumpangi kereta api. Perjalanan yang tak mudah dilakukan di tengah kuatnya pengawasan penjajah Belanda yang masih berjejak di Nusantara saat itu, namun berhasil diwujudkan.

Hasto juga menegaskan bagaimana Bung Karno memiliki sejarah khusus dengan jawatan kereta api. “Dalam masa sulit, Bung Karno pernah bekerja di Perusahaan Kereta Api Belanda di Jawa Timur. Hubungan emosional telah terbangun ketika Bung Karno menjadi buruh di perusahaan kereta api tersebut.

“Karena itulah kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi juga kepada Menteri BUMN Erick Thohir sehingga Patung Bung Karno dapat berdiri kokoh di Semarang,” lanjut Hasto.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, patung Bung Karno yang akan diresmikan itu merupakan bagian dari pekerjaan penataan kawasan stasiun Tawang, Area Kota Lama, Semarang. Satu pekerjaan adalah plasa patung Bung Karno, dua lainnya adalah pembangunan masjid stasiun yang bisa menampung 1.000 jamaah dan pembangunan gate-in/gate-out.

Patung Bung Karno itu sendiri dibuat oleh Seniman I Nyoman Nuarta setinggi 14 meter. Lokasinya dikelilingi air karena dibangun di atas polder yang terletak di area Stasiun Tawang. Digadang-gadang bahwa patung ini akan menjadi patung Bung Karno yang tertinggi di dunia.

Direksi dan mantan petinggi PT KAI juga dijadwalkan akan hadir di acara itu. Termasuk Direktur Utama Didiek Hartyanto dan mantan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro. Sementara Walikota Semarang Hendrar Prihadi bersama wakilnya Hevearita G Rahayu dijadwalkan hadir, bersama unsur Forkopimda setempat.

Kader PDIP dari seluruh Indonesia juga akan hadir di acara itu secara virtual dari seluruh Indonesia. Acara peresmian sendiri akan ditayangkan melalui akun Youtube resmi PDI Perjuangan pada pukul 16.00 WIB.

KEYWORD :

KAI Patung Soekarno Putra Sang Fajar Megawati Soekarnoputri Hasto Kristiyanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :