Jum'at, 26/04/2024 06:28 WIB

Singapura Kirim Lebih dari 120.000 Dosis Vaksin AstraZeneca ke Batam

 Singapura telah menyumbangkan total 122.400 dosis vaksin AstraZeneca COVID-19 ke Batam dan Kepulauan Riau di Indonesia.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: Reuters)

Singapura, Jurnas.com - Singapura telah menyumbangkan total 122.400 dosis vaksin AstraZeneca COVID-19 ke Batam dan Kepulauan Riau di Indonesia. Pengiriman tersebut diserahkan kepada Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo di Pelabuhan Jurong pada Selasa (28/9).

Dikutip dari Channel New Asia, vaksin tesebut diperkirakan akan tiba di Batam pada Rabu (29/9).

"Kontribusi dosis vaksin AstraZeneca yang diperoleh Singapura di bawah inisiatif COVAX ini merupakan bagian dari upaya Singapura mendukung perjuangan regional dan global melawan COVID-19," kata Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) dalam keterangan pers.

Pada acara serah terima, Menteri Luar Negeri Kedua, Dr Mohamad Maliki Osman mengatakan, kontribusi kepada Indonesia menjadi bukti kerjasama erat yang telah berlangsung lama antara Singapura dan Indonesia.

Dia mencatat bahwa Kepulauan Riau adalah salah satu tetangga dan mitra terdekat Singapura, dan banyak orang Singapura yang akrab dengan Batam.

"Sangat penting bagi kita untuk terus bekerja sama sehingga kita dapat keluar dari tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang ditimbulkan oleh COVID-19," kata Dr Maliki yang juga Menteri di Kantor Perdana Menteri.

Kedua negara telah menunjukkan komitmen untuk saling mendukung pada saat dibutuhkan, kata Dr Maliki, mengutip program Oxygen Shuttle, di mana Singapura mengirim lebih dari 500 ton oksigen cair ke Indonesia.

Indonesia juga memfasilitasi pengiriman barang-barang penting untuk fasilitas perawatan masyarakat Singapura di awal pandemi, katanya.

"Baik Singapura dan Indonesia juga telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan rakyat kami dan kawasan dengan memvaksinasi populasi kami," tambahnya.

“Kami berharap kontribusi vaksin Singapura ke Indonesia, yang kami dapatkan di bawah inisiatif COVAX, akan mendukung upaya ini dan kemajuan kawasan menuju ketahanan terhadap COVID.”

Thailand, Brunei, dan Malaysia termasuk di antara negara-negara di mana Singapura telah menyumbangkan vaksin COVID-19.

Bulan lalu, Singapura juga mengumumkan akan mengirim 500.000 dosis vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech ke Australia sebagai bagian dari perjanjian berbagi dosis, dengan jumlah yang sama akan dikembalikan pada bulan Desember.

KEYWORD :

Singapura Berbagi Vaksin AstraZeneca Batam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :