Kamis, 25/04/2024 23:00 WIB

Golkar Senayan Sepakat Pemilu Digelar 15 Mei 2024

Tadi malam rapat pleno saya sampaikan, ketua umum setuju dan semua (peserta) rapat menyatakan setuju (Pemilu) tanggal 15 Mei.

Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung. (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Fraksi Partai Golkar sepakat dengan usulan pemerintah terkait jadwal pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 digelar pada tanggal 15 Mei.

Hal itu sebagaimana diutarakan Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/9).

Menurut dia, pihaknya telah dua kali melakukan pembahasan mengenai jadwal pelaksanaan Pemilu ini. Pertama, dibahas melalui rapat terbatas bersama Fraksi Partai Golkar dan kedua dibahas pada rapat pleno yang digelar Senin (27/9) tadi malam.

"Tadi malam rapat pleno saya sampaikan, ketua umum setuju dan semua (peserta) rapat menyatakan setuju (Pemilu) tanggal 15 Mei," terangnya.

Akan tetapi, kata Ketua Komisi II DPR itu, usulan pemerintah ini belum menjadi kesepakatan di komisinya. 

"Iya tadi kan nanya ke saya, kecuali mengatasnamakan (komisi) di Komisi II secara resmi belum," ucap dia.

Menko Polhukam Mahfud MD sebelumnya menilai usulan tanggal Pemilu Serentak 2024 yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 21 Februari 2024 tidak efektif. Sebab, di tanggal tersebut banyak proses yang terlalu panjang, baik ke belakang maupun ke depan.

Oleh karena itu, Mahfud menilai waktu yang tepat untuk menggelar pemungutan suara Pemilu 2024 adalah 15 Mei. Menurutnya, tanggal itu amat rasional untuk diajukan ke KPU dan DPR.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi II DPR Golkar Pemilu 2024 Ahmad Doli Kurnia Tandjung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :